Peristiwa Nasional

Ini yang Harus Diperhatikan Jokowi dan Prabowo saat Debat Pilpres 2019 Jilid II

Jumat, 15 Februari 2019 - 17:56 | 76.40k
Pasangan Capres Cawapres pada Pilpres 2019 (Ilustrasi - TIMES Indonesia)
Pasangan Capres Cawapres pada Pilpres 2019 (Ilustrasi - TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Capres nomor urut 01, Jokowi dan capres nomor urut 02, Prabowo akan saling adu gagasan dalam debat pilpres 2019 jilid II pada Minggu, 17 Februari nanti.

Selain memperhatikan penguasaan materi dan juga tampilan fisik, ada hal lain yang jauh lebih penting diperhatikan oleh kedua kandidat.

"Penguasaan konten penting, fisik penting, manajemen waktu penting, tapi yang paling penting lagi adalah dalam debat justru faktor non teknis itu diperhatikan," ujar Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio kepada TIMES Indonesia, Jumat (15/2/2019).

Di mana faktor non teknis yang dimaksud adalah faktor di luar konten dan substansi debat. Seperti intonasi saat bicara, mimik muka, gestur tubuh dan ujaran-ujaran langsung yang spontan keluar dari ucapan para kandidat.

"Itu biasanya menarik dan diperhatikan oleh masyarakat," tukas Hendri.

Menurut Hendri, memang hal itu terkesan sepele, namun akan sangat diperhatikan oleh masyarakat. "Hati-hati kalau gestur, intonasi atau mimik mukanya gak enak bisa saja masyarakat tidak berpihak pada calon tersebut," tuturnya.

Seperti diketahui, debat pilpres 2019 jilid II akan menampilkan Jokowi dan Prabowo secara head to head untuk pertama kalinya. Debat yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta itu akan membahas energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES