Wisata

Kampung Kelir Dam Sluice Dijadikan Destinasi Wisata Baru di Situbondo

Jumat, 15 Februari 2019 - 16:23 | 48.32k
Wabup Situbondo, Ir Yoyok Mulyadi bersama beberapa pihak terkait saat meninjau langsung lingkungan Dam Sluice (FOTO: Uday/TIMES Indonesia). 
Wabup Situbondo, Ir Yoyok Mulyadi bersama beberapa pihak terkait saat meninjau langsung lingkungan Dam Sluice (FOTO: Uday/TIMES Indonesia). 

TIMESINDONESIA, SUTUBONDO – Lingkungan Dam Sluice yang berada di Kelurahan Dahuwan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, bakal dijadikan destinasi wisata baru di Situbondo. Lingkungan tersebut direncanakan dibuat Kampung Kelir oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo. 

Lingkungan Dam Sluice saat ini dinilai sangat cocok dan strategis untuk dijadikan Kampung Kelir atau dikenal sebutan kampung warna warni.

Pembuatan kampung kelir akan difasilitasi Kwarda dan Kwarcab Pramuka Situbondo bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil.

Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi mengatakan, pihaknya memilih lingkungan Dam Sluice, karena tempat atau rumah ini belum yang sehat. Sehingga ada target untuk merenovasi dengan pengecetan warna warni di Maret 2019.

Dalam pelaksanaannya, kata mantan Kadis PU Bina Marga dan Pengairan atau yang dikenal sekarang Dinas PUPR ini menjelaskan, semuanya akan dilakukan tenaga dari anggota Pramuka yang ada di Kabupaten Situbondo. "Ya kita nanti yang menyiapkan bahannya," ujar Ir Yoyok Mulyadi, Wakil Bupati Situbondo, Jumat (15/2/2019). 

Wabup Yoyok melanjutkan, pihaknya sengaja mengajak Dinas PU dan LPM Merak, agar supaya cakupannya lebih luas.

"Kalau hanya melingkupi Kwarda dan Kwaecab akan terbatas, sehingga ditambah dari LPM Merak secara sosial dan Dinas PU secara kedisannya. Sehingga cakupannya semakin luas, kalau tidak cakupannya mencapai 160 rumah yang akan dicat," katanya.

Wabup Yoyok Mulyadi berharap Dam Sluice dapat dijadikan destinasi wisata dan dapat dilihat secara lebih dekat.

"Apalagi lokasinya dekat dengan kota dan masyarakat lebih mudah melihatnya," jelasnya.

Untuk menjadikan Kampung Kelir, lanjutnya, tidak hanya rumah warga yang akan dicat, akan tetapi disekitar Dam Sluice atau saluran yang akan dicat. "Makanya saya juga mengajak Dinas PUPR," tegasnya.

Sejauh ini, Wabup Yoyok mengatakan, pihaknya belum tahu, karena masih akan didesain agar menjadi menarik. "Minimal ada perubahan lah, yang semula kelihatan kumuh berubah menjadi tidak kumuh," harapnya.

Sementara itu, Ketua LPM Merak, Kamarul Muniri mengatakan, sejauh ini masih merencanakan akan merehab sebanyak sembilan rumah warga dan dua musholla serta satu MCK.

Namun, kata Arul panggilan Kamarul Muniri, jumlah akan terus bertambah dari apa yang direncanakan di lingkungan Dam Sluice yang akan menjadi Kampung Kelir sebagai destinasi wisata baru di Situbondo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES