Pendidikan

Bupati Salwa Dilantik Sebagai Kamabicab Pramuka Bondowoso

Jumat, 15 Februari 2019 - 13:30 | 25.61k
Penendatanganan oleh Wakil ketua Kwarda Jawa Timur Drs Purmadi dalam acara pelantikan Kamabicab dan Kakwarcab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Penendatanganan oleh Wakil ketua Kwarda Jawa Timur Drs Purmadi dalam acara pelantikan Kamabicab dan Kakwarcab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin resmi dilantik sebagai Kamabicab, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bondowoso, masa bakti 2018-2023, di Pendapa Bupati, Jumat (15/2/2019).

Selain itu, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat juga dilantik sebagai Kakwarcab, dan Pj Sekda Agung Trihandono sebagai pelaksana harian.

Pelantikan pembesar Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bondowoso itu, dipimpin oleh wakil ketua Kwarda Jawa Timur Drs. Purmadi. 

pelantikan-Kamabicab-2.jpg

Kamabicab yang baru saja dilantik, Drs. Salwa Arifin, dalam sambutannya mangatakan, bahwa gerakan pramuka merupakan jalur pendidikan non formal, yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kepanduan pendidikan nasional.

Sejatinya, kata dia, gerakan pramuka ini untuk menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur.

Serta, lanjut dia, memiliki kemampuan dan kecerdasan yang tinggi, sehat jasmani dan rohani serta bermanfaan bagi masyarakat sekitarnya.

“Untuk itu, gerakan Pramuka harus diarahkan keberbagai program kependidikan mental, kepribadian serta keterampilan dalam karya bakti, untuk membantu masyarakat dalam kelestarian lingkungan hidup,” jelasnya.

Menurut Bupati Salwa, ke depan gerakan pramuka memiliki tantangan sangat berat. Mengingat kondisi pemuda saat ini lebih cenderung melakukan kegiatan yang kurang manfaat, bahkan tidak manfaat sama sekali.

Ia mencontohkan seperti penyalahgunaan obat, perkelahian, penurunan kepatuhan terhadap hukum, serta maraknya kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan.

"Ini adalah tugas kita bersama untuk memgembalikan masa kejayaan gerakan Pramuka, dengan menjadikan ekstrakurikuler di setiap sekolah yang diminati dan digemari oleh pelajar kita," jelasnya.

pelantikan-Kamabicab-3.jpg

Sementara itu, Drs. Purmadi, wakil ketua Kwarda Jatim mengapresiasi, dan memberikan nilai positif atas kegiatan pramuka Bondowoso. Mengingat, kagiatan Pramuka di Bumi Ki Ronggo ini selalu dilaksanakan di pendapa bupati.

"Tidak mudah di daerah lain, itu fasilitas Pendapa Bupati diisi kegiatan pramuka. Tapi sinergi Pemkab Bondowoso ini akan kami sebar luaskan kepada daerah yang lain, di Jawa Timur," ungkapnya.

Pelantikan Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin sebagai Kamabicab, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bondowoso, dihadiri  Wabup Irwan Bachtiar Rahmat, Pj Agung Tri Handono, ranting dan seluruh gerakan pramuka di wilayah Bondowoso(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES