Peristiwa Nasional

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 7 T untuk Beli Alat Deteksi Bencana

Jumat, 15 Februari 2019 - 08:32 | 27.40k
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),Letjen TNI Doni Monardo. (Foto: Humas Setkab RI)
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),Letjen TNI Doni Monardo. (Foto: Humas Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggaran sebesar Rp 7 triliun disiapkan pemerintah hingga 3 tahun ke depan untuk membeli sejumlah alat pendeteksi bencana dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Koordinatornya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Munardo mengatakan hal itu usai Rakor kebencaanan tingkat Jawa Tengah di Semarang, Rabu (13/2/2019) lalu. "Pembelian alat pendeteksi bencana yang akan terintegrasi itu telah dianggarkan oleh Kemenkeu secara bertahap," katanya seperti dikutip Kompas.com.

Rakor itu juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, Kasdam IV Diponegoro, pimpinan BNPB, BPPT dan instansi lain. Sedangkan peserta Rakor terdiri dari para pimpinan wilayah dari Polri, TNI, dan kepala BPBD.

Doni Monardo mengatakan, BNPB diberi tugas untuk mengkoordinir pembelian alat-alat canggih tersebut. Lembaga dan Badan yang mengajukan pembelian alat itu diantaranya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  Badan Informasi Geospasial, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) hingga Badan Geologi.

Karena itu Kemenkeu menyiapkan total anggaran Rp 7 triliun sampai tiga tahun kedepan. "Semua badan itu mengajukan anggaran. Kemenkeu memberikan ruang bagi BNPB untuk mengkkordinir pembelian alat-alat yang dibutuhkan ," kata Doni Monardo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES