Sabtu, 20 April 2019
Peristiwa - Daerah

Gubernur Anies Tak Tanggapi Keberatan Aprindo Terkait UMSP

Gubernur Anies Tak Tanggapi Keberatan Aprindo Terkait UMSP Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Kamis, 14 Februari 2019 - 15:12

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak menanggapi adanya keberatan dari Aprindo atau Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) terkait akan UMSP (Upah Minimum Sektoral Provinsi).

Menurut Gubernur Anies hal UMSP yang ditentukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 6/2019. 

"Sesuai Pergub saja, (keberatan) ya gapapa jalanin saja. Apa gejolaknya kita harus adil, kota ini harus megang kesempatan untuk semuanya termasuk para buruh yang seringkali ketika berbicara tentang peningkatan kesejahteraan, keuntungan tak selalu mau berbagi", ucap Gubernur Anies kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019).

Lebih lanjut, Gubernur Anies menjelaskan bahwa upah yang telah ditetapkan dapat berdampak terhadap produktifitas pekerja. Terlebih hal tersebut dilakukan untuk menghindari ketimpangan sosial antara pekerja dengan pertumbuhan usaha. 

"Dalam pengambilan keputusan saya menekankan aspek keadilan. Karena ketika kita memutuskan kita membandingkan juga dengan usaha-usaha yang sama dengan yang di wilayah Jakarta", tegas Anies.

"Bayangkan usahanya sama PT nya sama, nama tokonya sama yang disebelah timur Jakarta dan di Jakarta upahnya beda. Ini contoh jadi kita ingin agar di Jakarta ada keadilan gitu,"  tambahnya. 

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan UMSP sebesar 5 - 8 persen dari nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta sebesar Rp 3,9 Juta serta diperkuat dengan Peraturan Gubernur Nomor 6 Tahun 2019 tentang UMSP DKI Jakarta 2019. Tingkat upah diatur untuk 11 sektor industri dengan 80 subsektor lain, salah satunya sektor Retail. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration