Peristiwa Nasional

Kemenag RI Siapkan Buku Induk Moderasi Beragama

Kamis, 14 Februari 2019 - 14:14 | 26.47k
Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin. (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin. (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) melalui Ditjen Pendidikan Islam akan menerbitkan buku induk moderasi beragama, atau buku putih moderasi beragama, yang dinilai sangat penting sebagai panduan implementasi program.

"Buku ini untuk menjawab hal-hal yang fundamental terkait dengan moderasi beragama. Misalnya, apa yang dimaksud dengan moderasi beragama, apa saja pokok-pokok agama, termasuk apa batasan tentang penodaan agama," tutur Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin.

Menurut Kamaruddin, penyusunan buku tersebut harus melibatkan orang dan kelompok yang otoritatif dan ahli dalam bidang keagamaan. Hal itu demi mendapatkan perspektif yang luas.

Pada 2018 silam, Ditjen Pendidikan Islam sudah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Moderasi Beragama yang nantinya akan bertanggung jawab dalam proses penyusunan buku moderasi beragama ini. 

Untuk itu, Kamaruddin meminta Pokja Moderasi Beragama dari Kemenag RI ini bisa membangun fondasi yang kuat tentang moderasi beragama, baik secara paradigma maupun epistemologinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES