Glutera News

Ini Cara Tepat Merawat Kulit, Selamat Tinggal Wajah Kusam

Kamis, 14 Februari 2019 - 11:04 | 40.76k
(FOTO: Gluteranews)
(FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang hanya mengandalkan produk kecantikan untuk menangani wajah kusam. Padahal wajah kusam dapat disebabkan oleh banyak hal sehingga pemakaian bermacam kosmetik belum tentu cukup membantu.

Wajah kusam sering membuat tidak percaya diri. Padahal sebelum membuang banyak uang untuk perawatan, ada banyak cara yang dapat dilakukan sehari-hari untuk menjaga agar kulit wajah tetap cerah. Berikut beberapa panduan yang dapat dicoba.

1. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih

Kulit kusam dan keriput juga dapat diakibatkan paparan sinar matahari pada kulit yang tidak terlindungi sinar UVA and UVB. Lindungi kulit wajah dengan mengoleskan tabir surya SPF 30 atau lebih, termasuk saat hari sedang mendung.

Selain itu, batasi aktivitas di bawah sinar matahari antara pukul 10.00 – 14.00. Jika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari sepanjang hari, aplikasikan ulang tabir surya setiap dua hingga tiga jam sekali.

2. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat dan tidak berlebihan

Menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit dengan kandungan berbeda justru dapat menyebabkan iritasi dan sama sekali tidak mendatangkan manfaat. Sebagai contoh, kandungan asam dalam asam salisilat dan asam glikolat dari satu produk justru dapat merusak bahan vitamin C atau retinol.

Selain itu, sering berganti-ganti produk kecantikan juga tidak akan membawa hasil efektif. Untuk melihat hasil dari pemakaian sebuah produk, produk tersebut perlu digunakan selama durasi waktu tertentu dan tidak bisa diharapkan segera terlihat dalam waktu singkat.

3. Pilih pembersih wajah yang tepat

Jika kulit Anda adalah kulit kering, gunakan pembersih yang tanpa alkohol dan pewangi, kemudian bilas dengan air hangat. Jangan gunakan air panas karena akan menghilangkan minyak di kulit Anda dengan cepat.

4. Bersihkan wajah dengan tepat

Jika kulit Anda berminyak, gunakan air hangat dan pembersih wajah yang bebas minyak untuk membersihkan muka.

4. Gunakan pelembap

Gunakan pelembap (moisturizer) tiap hari untuk menjaga agar kulit tetap lembap. Namun jika kulit wajah berjerawat, gunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak. Pilih krim pelembap yang mengandung gliserin dan asam hialuronat yang dapat menyamarkan kerut halus pada wajah.

5. Hindari berbagi make up

Hindari berbagi make-up dengan orang lain untuk meminimalkan risiko penyebaran bakteri.

6. Jangan gunakan sabun mandi untuk bersihkan wajah

Gunakan pembersih khusus wajah karena pada umumnya sabun mandi mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit wajah.

7. Gunakan krim antioksidan

Gunakan krim antioksidan yang sudah teruji klinis untuk melawan radikal bebas dan mengandung niacinamide.

Hal yang perlu diingat, meski mencuci wajah berperan menjaga kulit tetap bersih, namun terlalu sering mencucinya dapat membuat kulit menjadi kering. Mencuci wajah 1–2 kali sehari sudah cukup bagi sebagian besar orang. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan wajah.

Olahraga dan konsumsi makanan sehat
Kulit wajah segar dan sehat secara alami dapat dimulai dari dalam dengan konsumsi buah dan sayur segar, serta olahraga secara teratur. Jadikan sayuran dan buah-buahan sebagai bagian wajib dari menu harian Anda dan jadikan olahraga sebagai aktivitas wajib.

Tidur berkualitas yang cukup dan teratur
Tidur yang berkualitas dan teratur selama 7-9 jam sehari membantu mengoptimakan pembentukan hormon pertumbuhan yang mendorong pergantian sel-sel tubuh dan produksi kolagen. Kurang tidur menghambat proses ini dan membuat wajah menjadi lebih kusam dan tampak lelah. Namun sebaliknya, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kulit.

Hindari stres agar kulit tidak kusam. Wajah kusam adalah salah satu dampak yang akan paling nampak dari kondisi stres. Biasakan untuk mengelola stres dan rutin melakukan rekreasi, relaksasi, dan meditasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES