Peristiwa Daerah

Perjalanan Panjang Hj Khofifah Indar Parawansa Itu Akhirnya Sampai di Kursi Gubernur Jatim

Rabu, 13 Februari 2019 - 20:33 | 447.50k
Gubernur Jatim Hj Khofifah mendapat ucapan selamat dari sejumlah tokoh dan pejabat Jatim usai pelantikan. (FOTO: Kiagus Firdaus/TIMES Indonesia)
Gubernur Jatim Hj Khofifah mendapat ucapan selamat dari sejumlah tokoh dan pejabat Jatim usai pelantikan. (FOTO: Kiagus Firdaus/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim Emil Dardak resmi memimpin Jawa Timur selama lima tahun ke depan. Pelantikan gubernur wanita pertama Jawa Timur ini mendapat perhatian tersendiri.

Jurnalis TIMES Indonesia Kiagus Firdaus yang turut menyaksikan prosesi pelantikan, melaporkan, para kepala dinas dan asisten tampak hadir semua. Demikian juga para bupati dan wali kota di Jatim. Hampir semua hadir.

TIMES-Indonesia-Gubernur-Jatim-Khofifah-Indar-Parawansa-3.jpg

Selain itu sejumlah orang-orang dekat Khofifah juga tampak hadir. Mereka yang selama ini berjibaku memenangkan pasangan Khofifah-Emil dalam pilgub Jatim. Khofifah menang atas rivalnya Saifullah Yusuf-Puti Guntur.

Hasil penghitungan suara KPU Jawa Timur pasangan Khofifah dan Emil yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra, memperoleh 9.076.014 suara atau 46,5 persen.

TIMES-Indonesia-Gubernur-Jatim-Khofifah-Indar-Parawansa-4.jpg

Tak pelak, proses pelantikan Khofifah yang telah bertarung tiga kali di Pilgub Jatim ini berlangsung istimewa. Bahkan mendapat perhatian dari banyak pihak.

’’Akhirnya Bu Khofifah merasakan kursi gubernur. Perjuangan panjang yang akhirnya berakhir dengan membahagiakan,’’ celetuk salah satu undangan yang hadir saat berbincang dengan temannya.

TIMES-Indonesia-Gubernur-Jatim-Khofifah-Indar-Parawansa-5.jpg

Suasana sakral dan istimewa tampak sejak Khofifah-Emil berada di Hotel Borobudur.  Termasuk juga saat berada di lingkungan istana negara.

Sebelum dilantik, baik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak menerima petikan Keputusan Presiden oleh Presiden RI tentang pengangkatan masing-masing sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Masa Jabatan Tahun 2019–2024.

TIMES-Indonesia-Gubernur-Jatim-Khofifah-Indar-Parawansa-2.jpg

Upacara penyerahan petikan diawali dengan Calon Gubernur Jatim dan Calon Wakil Gubernur Jatim masa jabatan Tahun 2019-2024 memasuki ruang kredensial untuk menerima Petikan Keputusan Presiden. Petikan diserahkan langsung oleh Presiden RI Jokowi.

Selanjutnya, Khofifah-Emil melakukan kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara melalui jalan samping dan melewati halaman Istana Merdeka untuk melakukan upacara pelantikan.

Setelah disumpah jabatan, Gubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim Emil Dardak pun resmi memimpin provinsi terbesar di Indonesia ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES