Glutera News

Pentingnya Mencukupi Asupan Nutrisi untuk Otak

Rabu, 13 Februari 2019 - 10:10 | 104.45k
(FOTO: Gluteranews)
(FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTANutrisi untuk otak sangat berguna bagi perkembangan otak anak-anak dan meningkatkan kemampuan otak orang dewasa, tanpa vitamin sebagai bahan bakar yang penting, otak tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk orang dewasa, vitamin membantu mempertahankan daya ingat, meningkatkan kewaspadaan, hingga mengurangi risiko berkembangnya penyakit Alzheimer atau berbagai gangguan otak lainnya.

Untuk anak-anak, khususnya janin dan bayi, vitamin merupakan nutrisi penting yang harus terpenuhi pada periode emas tumbuh kembangnya. Periode ini dimulai sejak bulan-bulan pertama janin terbentuk di dalam kandungan, hingga benar-benar berakhir ketika anak memasuki masa puber, pada usia 9-15 tahun. 

Kekurangan vitamin maupun nutrisi lain pada periode ini dapat memengaruhi perkembangan otak, tingkat kecerdasan, dan bisa memicu berbagai cacat otak bawaan atau gangguan otak.

Memastikan otak tetap mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya sangat penting bagi semua kalangan usia. Berbagai jenis vitamin untuk otak bisa Anda dapatkan melalui pilihan makanan (diet) yang sehat dengan kandungan gizi berimbang.

Berikut adalah beberapa vitamin (Premix Vitamin) yang dibutuhkan otak dan dampak dari kekurangannya.

1. Vitamin B1
Kekurangan vitamin B1 dapat berpengaruh pada kondisi mental, kemampuan belajar, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, dan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer. Vitamin B1 bisa ditemukan pada kacang-kacangan, daging, ragi, dan biji sereal.

2. Vitamin B12
Vitamin B12 berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lapisan pelindung serat saraf otak. Vitamin untuk otak yang satu ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, kehilangan ingatan, menurunnya suasana hati, dan penurunan mental. Vitamin B12 bisa ditemukan pada daging sapi, domba, ikan, unggas.

3. Vitamin B6
Vitamin ini juga memiliki peran dalam produksi serotonin dan dopamine yang menjaga suasana hati dan kewaspadaan Anda. Vitamin B6 terdapat pada kangkung, kembang kol, lobak, sawi, tuna, dan bawang putih.

4. Asam Folat
Kekurangan asam folat dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus. Asam folat juga membantu menurunkan level asam amino homosistein pada darah yang menyebabkan kerusakan pada sel otak. Asam folat bisa ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal gandum.

5. Vitamin E
Kekurangan vitamin E membuat tubuh kekurangan kemampuannya dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan otak, misalnya penyakit degeneratif Alzheimer. Kacang almond, hazelnut, tepung gandum, minyak jagung, dan sayuran hijau, adalah beberapa contoh makanan yang memiliki kedua jenis tocopherols dari vitamin E, yaitu antioksidan yang berguna melawan radikal bebas.

6. Vitamin C
Vitamin ini merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas. Vitamin ini dipercaya juga dapat membantu mencegah penyakit alzheimer. Beberapa sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi adalah brokoli, jeruk dan stroberi.
 
Selain vitamin di atas, kandungan bahan lain juga dapat penting untuk otak adalah asam lemak omega-3. Omega-3 merupakan nutrisi penting dalam perkembangan otak. Kekurangan asam lemak omega-3 diduga bisa menyebabkan penurunan kognitif dan meningkatkan risiko gangguan mental. Asam lemak omega-3 terdapat pada ikan salmon, buah kiwi, biji rami, dan kenari.

Bicarakan dengan dokter mengenai vitamin untuk otak dan suplemen seperti apa yang cocok dengan kondisi Anda, termasuk dosis konsumsi, dan efek lainnya sebelum memutuskan mengonsumsinya.

Vitamin dan nutrisi untuk otak bisa mempengaruhi proses kognitif dan juga emosi seseorang. Imbangilah dengan diet makanan seimbang dan olahraga secukupnya. Perpaduan diet makanan sehat dengan olahraga yang pas dapat meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi berbagai jenis gangguan perkembangan otak, seperti cedera otak, tumor otak, penyakit neurodegeneratif, dan gangguan mental. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES