Gaya Hidup

Wah, Buah Rambutan Bisa Mencegah Kenaikan Berat Badan, Lho!

Rabu, 13 Februari 2019 - 04:50 | 197.14k
Kenaikan Berat Badan. (FOTO: Alodokter)
Kenaikan Berat Badan. (FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah rambutan bukan hanya memiliki rasa yang manis. Buah dengan nama latin Nephelium lappaceum ini juga memiliki manfaat untuk melangsingkan tubuh. Ya, buah yang satu ini bisa membantu mencegah kenaikan berat badan sekaligus menurunkan berat badan, lho!

Setiap 100 gram daging rambutan yang Anda makan mengandung 75 kalori dan 1,3-2 gram serat. Kandungan serat tinggi dan kalori rendah inilah yang tidak akan membuat Anda gemuk meskipun makan buah rambutan dalam jumlah banyak.

Selain itu, kandungan serat larut airnya yang melimpah juga dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Hanya dengan makan buah rambutan saja, nafsu makan Anda dijamin akan berkurang dan justru merasa kenyang lebih lama. Alhasil, Anda akan lebih mampu menahan kebiasaan makan berlebihan yang bisa membuat berat badan naik drastis.

Selain manfaat di atas, buah rambutan juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal LWT-Food Science and Technoloy tahun 2009, buah rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Antioksidan tersebut sesungguhnya berasal dari kandungan vitamin C pada buah rambutan. Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh mendorong produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Semakin sedikit vitamin C dalam tubuh, maka sistem imun Anda akan semakin lemah dan rentan terhadap infeksi.

Nah, kini Anda tak perlu takut gemuk jika mengonsumsi buah rambutan. Buah ini justru bisa mencegah kenaikan berat badan Anda karena memiliki kandungan serat tinggi dan rendah kalori. Meski demikian, Anda jangan berlebihan makan buah rambutan. Bisa-bisa Anda akan mengalami gangguan kesehatan lain karena terlalu banyak makan rambutan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES