Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Desa

Kodim 0824 Jember dan Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Tanam Bunga Refugia di Tanggul

Kodim 0824 Jember dan Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Tanam Bunga Refugia di Tanggul Personel Koramil 0824/16 Tanggul saat melaksanakan Karya Bakti TNI penanaman Refugia. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Selasa, 12 Februari 2019 - 11:00

TIMESINDONESIA, JEMBER – Koramil 0824/16 Kodim 0824 Jember dan Yonif Raider 515/9/2 Kostrad melaksanakan Karya Bakti TNI penanaman refugia di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Jember, Selasa (12/2/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Komandan Koramil 0824/16 Tanggul Kapten Inf Sukarno, Lettu Inf Agung  Lesmono dari Yonif Raider 515/9/2 Kostrad, Kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono, Koordinator Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Taufiq Firman, PPL Farida, dan puluhan petani serta puluhan anggota TNI AD dari kedua satuan tersebut.

Kodim-Bakti-TNI-penanaman-Refugia2.jpg

Kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono menyampaikan terima kasih kepada TNI utamanya Danramil Tanggul bersama anggotanya serta Yonif Raider 515/9/2 Kostrad yang membantu penanaman refugia ini.

"Konsep penenaman besar-besaran ini sengaja saya lakukan di sepanjang tanggul Sungai Bondoyodo dengan harapan dapat memperindah kawasan ini. Sehingga kalau sudah berbunga dapat dijadikan lokasi swafoto, sarana rekreasi dengan pemandangan bunga warna-warni, serta tujuan lainnya tentu saja untuk mencegah serangan hama tanaman berupa serangga pada tanaman padi petani," kata Arifin.

Arifin menjelaskan bahwa jenis hama tanaman yang berupa serangga akan lebih suka hinggap di putik-putik bunga saat mekar.sehingga tidak lagi menyerang tanaman.

Kodim-Bakti-TNI-penanaman-Refugia3.jpg

"Makanya bunga warna-warni yang dikelompokkan dengan nama refugia ini sangat efektif untuk menghindarkan tanaman padi dari serangan hama serangga khususnya wereng yang sangat ditakuti oleh petani," jelasnya.

Komandan Koramil 0824/16 Tanggul Kapten Inf Sukarno menyatakan pihaknya mendukung inisiasi warga yang ingin menjadikan desanya indah. Sekaligus sebagai kawasan pengendali hama tanaman.

"Karena di sekitar Tanggul juga terdapat hamparan sawah yang luas sehingga sangat tepat kalau tanggul ini dijadikan obyek penanaman refugia ini," terang dia.

Terpisah, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar ikut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Desa Tanggul Kulon bersama Koramil Tanggul serta Yonif Raider 515/9/2 Kostrad tersebut. "Hal itu merupakan ide cemerlang dalam menciptakan lokasi tersebut lebih indah dan juga bermanfaat untuk pengendalian serangan hama tanaman," ujar Arif. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration