Kamis, 21 Februari 2019
Politik

Suhaimi Tidak Lolos Fit and Proper Test Cawagub DKI Jakarta, Pengamat: Memprihatinkan

Suhaimi Tidak Lolos Fit and Proper Test Cawagub DKI Jakarta, Pengamat: Memprihatinkan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Selasa, 12 Februari 2019 - 20:54

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin menyampaikan keprihatinannya terkait hasil fit and proper test tim panelis yang tidak meloloskan Abdurrahman Suhaimi sebagai kandidat Cawagub DKI Jakarta

Ujang menuturkan bahwa Suhaimi yang menjabat sebagai Ketua Fraksi PKS DPRD Jakarta tentu lebih memahami situasi Ibu Kota Jakarta dibanding para kandidat lainnya. 

"Kalau memang Suhaimi dianggap tidak mampu menguasasi persoalan sehingga tidak layak jadi Wagub (Wakil Gubernur), itu bagi saya sangat memprihatinkan, karena bagaimanapun Suhaimi adalah ketua fraksi dan lainnya dua lagi di luar Jakarta," ujar Ujang kepada wartawan saat dihubungi, Jakarta, Selasa (12/2/2019). 

Lebih lanjut, Ujang menjelaskan bahwa hal tersebut biasa terjadi dalam proses negosiasi politik, terlebih berbasis kepentingan politik. Ia menilai bahwasanya pengkrucutan dua nama cawagub tersebut juga memiliki skenario tersendiri. 

"Ini kan dapat dilihat memang berbasis kepentingan. Karena kita tahu dalam politik itu siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana. Sehingga ketika Suhaimi tergeser itu, bagi DPRD bisa jadi skenario Suhaimi yang tadinya dipandang kuat. Akhirnya dua kandidat ini menjegal sehingga tidak bisa lolos," jelas Ujang. 

Untuk diketahui, tim panelis Cawagub DKI Jakarta mengeluarkan hasil fit and proper test dengan meloloskan dua  nama Ahmad Syaikhu, dan Agung Yulianto pada Sabtu (9/2/2019). Sedangkan calon lainnya Abdurrahman Suhaimi dianggap tidak lolos oleh tim panelis. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration