Sabtu, 21 September 2019
Peristiwa - Daerah

Zaman Masyarakat Positif 5.0, BPC Gapensi Batu Siapkan Tenaga Profesional

Zaman Masyarakat Positif 5.0, BPC Gapensi Batu Siapkan Tenaga Profesional Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso berfoto bersama dengan Ketua BPC Gapensi Kota Batu, Hendra Angga Sonatha bersama pengurus. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Selasa, 12 Februari 2019 - 17:28

TIMESINDONESIA, BATU – Perkembangan zaman milineal plus Masyarakat Positif 5.0 direspons cepat anggota BPC Gapensi Batu (Badan Pimpinan Cabang Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia) dengan menyiapkan tenaga yang memiliki daya saing dan profesionalisme.

Mengingat saat ini, hampir semua urusan sudah berbasis digital meminimkan tatap muka dan pengerjaan manual. Kesiapan itu ditunjukkan oleh Gapensi BPC Batu dalam Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) I yang dilaksanakan di Hotel Senyum, Kota Batu, Selasa (12/1/2019).

BPC-Gapensi-Batu-2.jpg

“Kalau dulu di Pemerintah Daerah pelayanan lelang dilakukan secara manual, saat ini melalui LPSE dan aplikasi SIKAP (Sistem Informasi Kinerja Penyedia),” ujar Ketua BPC Gapensi Kota Batu, Hendra Angga Sonatha.

Karena itu, Hendra menegaskan bahwa anggota Gapensi Kota Batu siap untuk meningkatkan sumberdaya manusia untuk mengikuti era milineal sesuai dengan tema Muskercab I, meningkatkan daya saing dan profesionalisme anggota dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

“Gapensi siap menjadi relasi pembangunan yang dilakukan Pemkot Batu, bukan hanya bermodal kita orang Batu, tapi kami sudah membekali diri dengan berbagai kemampuan dan sertifikasi,” kata laki-laki yang akrab dipanggil Angga ini.

Secara keanggotaan, Gapensi sudah memiliki jumlah anggota dua kali lipat dibandingkan tahun pertama saat Angga mulai menjabat.

Muskercab ini menurut Angga adalah untuk mengevaluasi kinerja di setengah masa Bhakti Kepengurusan dan merumuskan langkah-langkah kerja yang lebih baik.

“Masa bhakti kita tahun 2016 hingga tahun 2021,makanya tahun 2019 kita menggelar Muskercab untuk menyusun program dan mengevaluasi kinerja,” katanya.

Salah satu fokus program yang akan dilaksanakan adalah meningkatkan jumlah anggota dan meningkatkan sisi kompetensi mereka. Rencananya BPC Gapensi akan mendatangkan assesor dan supervisor, sehingga anggota Gapensi memiliki tenaga ahli dan terampil.

“Jumlah anggota Gapensi saat ini sebanyak 45 dengan rincian 40 CV dan 5 PT. Kalau sekarang masuk dalam tingkatan terampil kita berharap bisa memiliki tenaga ahli,” ujar Angga.

BPC-Gapensi-Batu-3.jpg

Menguasai teknologi menjadi sebuah keharusan bagi seluruh anggota Gapensi untuk mengikuti perkembangan jaman yang begitu pesat.

Sementara Ketua Umum BPD Gapensi Provinsi Jatim, H Agus Gendroyono ST M mengatakan bahwa saat ini banyak aturan yang berubah mengikuti perkembangan jaman.

Ia mencontohkan dalam Permenkumham Nomor 17 tahun 2017 dijelaskan bahwa seluruh CV wajib terdaftar dalam Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU).

“Dulu hanya PT yang harus seperti itu, sekarang CV juga, pengurusan izin tatap muka pun sudah tidak ada, era globalisasi seperti ini harus diikuti, anggota Gapensi harus siap,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengajak Gapensi untuk bersinergi, bersama-sama membangun Kota Batu.

“Dibutuhkan komunikasi yang baik, semoga dalam Muskercab ini bisa diterjemahkan dalam bentuk program kerja, selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan ini,” ujar Wawali.

Ia yakin semua itu bisa dilakukan, karena BPC Gapensi Batu memiliki banyak tenaga ahli yang bisa berperan aktif dalam pembangunan. Ini untuk menyiapkan perkembangan zaman milenial dan Masyarakat Positif 5.0. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration