Peristiwa Daerah

Hari Ini, KPU Bondowoso Terima Surat Suara DPR RI

Selasa, 12 Februari 2019 - 13:18 | 59.99k
Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Hairul Anam saat menunjukan surat suara DPR RI, dari box pertama yang diterimnya di gudang penyimpanan logistik Jalan Jalan Mastrip Kembang (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Hairul Anam saat menunjukan surat suara DPR RI, dari box pertama yang diterimnya di gudang penyimpanan logistik Jalan Jalan Mastrip Kembang (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOKPU Bondowoso mulai terima logistik, berupa surat suara DPR RI. Suarat suara tersebut dikirim langsung oleh PT. Temprina Jember, Selasa (12/2/2019).

Surat suara itu, diterima oleh Ketua KPU Bondowoso, Hairul Anam, didampingi Komisioner Bawaslu Achmad Bashori, dan pihak kepolisian, di gudang penyimpanan logistik milik KPU, depan SMPN 5, Jalan Mastrip Kembang.

Ketua KPU Bondowoso, Hairul Anam menjelaskan, bahwa hari ini surat suara yang akan diterima oleh KPU ada 5 boks.

Pada pengiriman pertama, per boksnya ada 245 kodi atau kardus, dan perdusnya isi 500. Jadi per boksnya berisi 122.500 surat suara.

“Untuk yang hari ini, surat suara untuk DPR RI. Untuk yang DPR RI diperkirakan tuntas hari ini,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kebutuhan surat suara di Bondowoso adalah 600 ribu sekian, termasuk DPT plus 2 persen.

Menurutnya, untuk surat suara DPR RI, Presiden, DPD RI, dan surat suara DPR Provinsi itu DPT plus 2 persen.

Sementara, kata dia, untuk DPRD Kabupaten, penjumlahannya mengacu ke masing-masing Dapil, karena jumlah surat suaranya tidak sama di masing-masing Dapil. Namun ketika ditotal, tetap sama totalnya.

“Sebenarnya kalau totalnya sama, cuma untuk surat suara DPRD dipecah-pecah per dapil,” Jelasnya.

KPU Bondowoso merinci, bahwa kebutuhan logistik surat suara untuk Presiden, DPD RI, DPR RI dan DPR Provinsi, masing-masing kurang lebih 610.998. Itu sudah plus 2 persen.

Kemudian untuk surat suara DPRD Kabupaten Bondowoso, Dapil I butuh surat suara 121.650, Dapil II 125.283, Dapil III  118.781, Dapil IV 124.190, dan Dapil V 126.095.

“Ini dipengaruhi masing jumlah DPT di masing-masing Dapil, yang tidak sama,” jelasnya saat ditemui di kantornya.

Selain suarat suara DPR RI, ketua KPU Bondowoso, belum bisa memastikan kapan surat suara yang lain bisa diterima secara penuh. Namun demikia, pihaknya akan selalu update informasinya, dari pihak penyedia. Dalam hal ini PT Temprina Jember.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES