Pendidikan

'Aksi Tak Terpuji Siswa pada Guru di Gresik, Contoh Rendahnya Pendidikan Indonesia'

Selasa, 12 Februari 2019 - 11:17 | 76.37k
Pemerhati dan Praktisi Pendidikan Abad 21, Indra Charismiadji. (FOTO: Arsip Pribadi Indra Charismiadji)
Pemerhati dan Praktisi Pendidikan Abad 21, Indra Charismiadji. (FOTO: Arsip Pribadi Indra Charismiadji)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerhati dan Praktisi Pendidikan Abad 21, Indra Charismiadji menilai, perilaku siswa yang menantang gurunya berkelahi di lingkungan sekolah yang terjadi di Gresik menunjukkan kualitas pendidikan di Indonesia sangat rendah. 

Kronologis peristiwa itu terjadi di SMP PGRI Wringinanom Gresik pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2019 Minggu kemarin. Kejadian itu terekam oleh kamera salah satu siswa yang ada dalam kelas dan kemudian diposting ke media sosial. 

Menurut Indra, semua lembaga pendidikan harus menjadikan insiden tidak terpuji yang dilakukan oleh siswa-siswa nakal itu sebagai pelajaran. Lembaga harus segera menindaklanjuti serta bekerjasama dengan jajaran stakeholder sisdiknas.

"Membuktikan pendidikan kita perlu diedukasi lagi, apalagi masalah etika penting sekali. Penilaian saya untuk lembaga pendidikan, kejadian itu menunjukkan kualitas pendidikan Indonesia sangat rendah," tutur Indra kepada TIMES Indonesia di Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Ke depan, Indra sarankan Sisdiknas, segera membentuk trobosan langkah-langkah baru untuk menindak lanjuti aksi tak terpuji siswa-siswa kepada gurunya. Agar tidak terjadi hal serupa di lembaga pendidikan yang lain.

"Kalau itu sudah diperbaiki otomatis guru-gurunya juga harus berubah, untuk mempelajari lagi teknik mengajar yang lebih baik, mempelajari bagaimana membangun harmonisasi dengan peserta didiknya," ujar Indra Charismiadji, Pemerhati dan Praktisi Pendidikan Abad 21. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES