Peristiwa Daerah

Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Akuntansi dan Pengawasan Koperasi

Selasa, 12 Februari 2019 - 10:53 | 72.52k
Meliadi Sembiring. (FOTO: Ali For TIMES Indonesia)
Meliadi Sembiring. (FOTO: Ali For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKemenkop dan UKM menggelar program pelatihan koperasi di lingkungan internal kementeriannya guna memberikan pemahaman dan meningkatkan sumber daya manusia berkaitan dengan Perkoperasian seperti, tata cara memperoleh badan hukum, rincian detail dari prinsip-prinsip berkoperasi, hingga pengertian dari perkoperasian.

“Dari situ, kita bisa membedakan mana yang koperasi dan mana yang bukan koperasi. Saya jadi teringat jaman dulu ketika masih ada yang dinamakan Balai Latihan Koperasi atau Balatkop. Aneka bentuk pelatihan selalu kita ikuti," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring dalam acara Pelatihan Akuntansi dan Pengawasan Koperasi di Lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM, di Lembang, Bandung, Senin (11/02/2019).

Dengan pelatihan selama lima hari, kata Meliadi, nantinya bakal terbentuk SDM yang berbeda dan lebih terlatih dibanding dengan yang tidak mengikuti pelatihan tersebut. 

“Kalau hasilnya sama saja, saya sarankan ke depan pelatihan perkoperasian seperti ini tidak perlu diselenggarakan lagi. Untuk apa? Jadi, saya tegaskan harus ada bedanya antara yang ikut pelatihan ini dengan yang tidak ikut," tegas Meliadi.

Bahkan, usai pelatihan, Meliadi menginginkan ada ujian bagi peserta pelatihan, dibanding dengan yang tidak ikut pelatihan. 

“Ke depan, kita memang dituntut untuk terus berbenah diri selaku Pembina. Karena, di sisi lain, kita juga menuntut koperasi untuk menjadi lebih moderen, lebih terbuka, bisa menjadi besar, dan sebagainya. Itu tuntutan kita," tegas Meliadi.

Menurut Meliadi, jangan sampai terjadi ironis dimana kita menuntut banyak koperasi, sementara sebagai pembina tidak tahu apa-apa. 

“Kita mengatakan koperasi harus menjadi koperasi yang baik. Kita harus paham dan tahu bagaimana bentuk koperasi yang baik itu. Kita harus tahu apa itu koperasi bodong. Kita harus tahu bedanya yang bodong dengan yang tidak bodong itu apa," jelas Meliadi.

Bagi Meliadi, membentuk Deputi Pengawasan beberapa tahun lalu itu merupakan bentuk terobosan yang bagus. 

“Karena kita berharap pembangunan kualitas dari koperasi tersebut. Kalau mengutamakan kualitas, maka bentuk pengawasannya harus lebih besar dan banyak. Supaya koperasi bisa berkualitas, tidak seenaknya saja dalam menjalankan usahanya”, kata Meliadi.

Untuk bisa mengawasi koperasi dengan baik, Meliadi menekankan bahwa aparat pembinanya harus terus diisi dengan pengetahuan tentang tata cara berkoperasi yang baik dan benar.

“Setelah pelatihan harus terus diperdalam lagi di lapangan. Sehingga, pelatihan hari ini ada manfaatnya," tegas Meliadi.

Apalagi, lanjut Meliadi, akuntansi sudah menjadi kebutuhan bagi koperasi dalam menjalankan setiap usahanya. “Maka, sebagai Pembina kita harus tahu dan paham sistem akuntansi seperti apa yang dibutuhkan koperasi, supaya tidak dikibuli oleh pelaku koperasi," ujar Meliadi.

Terkait dengan pengawasan, Meliadi berharap jajaran Pembina ini tahu dan paham betul mengenai peraturan perundangan yang berlaku yang harus dijalankan para pelaku koperasi di seluruh Indonesia. 

“Kita harus bisa membedakan mana koperasi yang patuh dan tidak patuh. Apalagi, khusus KSP, pengelolaan uangnya harus prudent. Termasuk di dalamnya kita harus tahu penilaian koperasi," ujar Meliadi.

Kalau sudah mengetahui semuanya, kata Meliadi, maka kita bisa menerapkan sanksi bagi koperasi yang tidak patuh. 

"Kita harus tahu sanksi bagi koperasi dalam UU Perkoperasian yang sekarang seperti apa, dan bagaimana sanksi yang tertuang dalam RUU Perkoperasian. Kita harus pelajari itu semua. Bukan sekedar sanksi teguran, melainkan juga ke sanksi pidana," jelas Meliadi.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Ikopin, Burhanuddin Abdullah mengatakan bahwa, pelatihan seperti ini merupakan pendidikan yang sangat penting. 

"Malah saya berharap ini ada kelanjutannya. Nanti mestinya ada sertifikasi dari para pengawas koperasi supaya bisa jelas. Standar kompetensi juga terukur," kata Burhanuddin.

Bagi Burhanuddin, koperasi harus mencoba untuk ikut dalam arus perbaikan teknologi. “Dengan begitu, koperasi akan lebih dimudahkan untuk diperbesar, efisiensi akan meningkat, dan keuntungan juga akan makin baik. Koperasi dengan teknologi, maka semakin besar jangkauan anggotanya. Itu yang penting bagi koperasi," jelas Burhanuddin.

Burhanuddin berpandangan bahwa koperasi mempunyai masa depan yang sangat baik.

“Koperasi mempunyai masa depan yang cerah. Karena di masa depan itu tanpa kolaborasi tanpa komunikasi, tidak bisa kita menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa kita," kata Burhanuddin.

Turut Hadir dalam acara tersebut yakni Rektor Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) Burhanuddin Abdullah, Direktur Pusat Inkubator Bisnis Ikopin Indra Fahmi, dan Kepala Biro Umum Kemenkop dan UKM Hardiyanto.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES