Minggu, 17 Februari 2019
Olahraga

Veteran MotoGP Juga Turun di MotoE, Ini Dia Sosoknya

Veteran MotoGP Juga Turun di MotoE, Ini Dia Sosoknya Sete Gibernau pebalap paling tua yang akan ikut di kejuaraan MotoE. (FOTO: Crash.Net)
Selasa, 12 Februari 2019 - 08:06

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada menarik dalam ajang Federation Internarionale de Motorcyclisme (FIM) Enel MotoE World Cup 2019 ini,  yakni tampilnya pebalap veteran MotoGP hingga yang masih aktif di MotoGP seperti Randy de Puniet, Bradkey Smith, Alex de Angelis dan Sete Gibernau.

Bahkan ada yang usia sudah tidak muda lagi. Namun veteran MotoGP itu tetap harus ikut bersaing dengan pebalap-pebalap pendatang baru di MotoE ini. Sete Gibernau adalah pebalap yang paling tua diantara mereka.  Ia kini sudah berumur 47 tahun, lebih tua dari pebalap MotoGP,  Valentino Rossi.

Berikut beberapa pebalap veteran MotoGP yang akan berlaga di MotoE tahun ini :

Sete Gibernau

Sete Gibernau Bulto lahir di Barcelona,  Spanyol, 15 Desember 1972. Sete Gubernau akan kembali dari masa pensiunnya dan menjajal sebuah kejuaraan balapan. Ia bergabung dengan tim Pons Racing dan mengaku tak menyangka bisa mendapatkan kesempatan ini.

"Tentu saja saya tak pernah berpikir bahwa saya akan berpartisipasi di sebuah kejuaraan balapan lagi setelah memutuskan pensiun secara permanen. Namun hidup ini selalu mengejutkan. Setelah 10 tahun pensiun dan tak berkompetisi, disinilah saya sekarang," katanya.

"Saya berterima kasih kepada Sito (Pons) untuk kesempatan yang sudah diberikan kepada saya," tuturnya.

Saat masih menjadi seorang pebalap MotoGP, prestasi terbaik Sete Gibernau adalah menempati peringkat dua di musim 2003 dan 2004.

Randy de Puniet

Randy De Puniet lahir di Maisons Laffitte,  Peranxis, 14 Februari 1981. Pebalap yang juga pernah berlaga di grid MotoGP ini juga akan menjajal debut MotoE di FIM Enel MotoE World Cup 2019. Ia akan membela bendera LCR E-Team.

Hubungan personal antara LCR dengan Randy de Puniet juga sudah pernah terjalin lama di masa lalu. Randy de Puniet adalah mantan pebalap LCR saat berkompetisi di MotoGP antara 2008-2010. Selain itu juga di Kelas 250cc dari 2003-2004.

Pembalap 37 tahun ini akan didampingi oleh pebalap Niccolo Canepa, yang juga pernah membalap di MotoGP bersama Pramac musim 2009, dan memenangi gelar FIM Endurance bersama Yamaha tahun lalu.

Lucio Cecchinello, pemilik LCR E-Team mengaku seri baru ini juga merupakan tantangan baru dalam kariernya. "Saya juga sangat senang bisa kembali bekerja dengan mantan Kepala Teknisi saya, Paolo Cordioli dan juga Luciano dan Thomas Betti, keduanya mantan juara internasional dari kompetisi sepeda listrik sebelumnya," ungkapnya.

Alex de Angelis

Alex de Angelis Lahir 26 February 1984 di Rimini, Italia. Bersama Pramac Racing, Alex de Angelis dan Josh Hook akan ikut menggeber motor balap Energica Ego.

Alex de Angelis adalah pebalap yang pernah tampil di ajang Grand Prix (GP) dari tahun 2000-2015. Ia sempat mengenyam tiga kemenangan di Moto2 dan satu di GP250. Ditambah enam podium di Kelas GP125 dan satu podium lainnya di kelas paling bergengsi MotoGP.

"Ini akan menjadi 'electrifying'. Mungkin terdengar seperti pelesetan, tapi itu tidak. Saya senang menjadi bagian dari proyek ini dan saya sangat senang bisa kembali ke tim ini, yang saya sudah memiliki pengalaman sangat bahagia di Laguna Seca pada 2013," katanya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Paolo Campinoti dan Francesco Guidotti yang telah memberi saya kesempatan ini. Saya tahu semangat kompetisi tim yang dalam dan saya akan melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil yang luar biasa," ujarnya.

Bradley Smith

Lahir di Oxford, Britania Raya, 28 November 1990 (usia 28 tahun). Bersama One Energy Racing,

Bradley Smith secara resmi turun di kejuaraan MotoE musim ini, setelah ia sepakati kontrak dengan tim One Energy Racing yang di support langsung Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia.

Pembalap KTM pabrikan ini tidak turun di MotoGP selama satu musim penuh di musim MotoGP2019. Ia hanya akan menjadi test rider Aprilia saja. Demi terus asah kemampuannya agar kembali dapat kesempatan turun di MotoGP, Smith putuskan untuk terima pinangan dari tim One Energy Racing di balapan di MotoE.

Jadwal MotoE yang juga akan diikuti oleh beberapa veteran MotoGP ini akan dihelat di Jerez (5 Mei), Le Mans (19 Mei), Sachsenring (7 Juli), Red Bull Ring (11 Agustus), dan di Misano (15 September). (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration