Peristiwa Nasional

Satgas Media Online Abal-Abal Bisa Membuat Pekerja Hoaks Jera

Senin, 11 Februari 2019 - 23:42 | 37.00k
Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo dalam sesi foto bersama dengan para pemateri dalam sebuah acara
Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo dalam sesi foto bersama dengan para pemateri dalam sebuah acara

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo menilai dengan dibentuknya satgas media online abal-abal oleh Dewan Pers, akan segera memberikan efek jera kepada para pekerja hoaks. Karena ruang gerak mereka sudah ada yang mengawasi dengan ketat. 

Menurut Yosep, pekerja hoaks akan lebih berpikir dua kali untuk mengerjakan misinya, sebab jika terus dilakukan oleh mereka dan ditemukan oleh Satgas, maka akan segera ditakedown akunnya.

Satgas-Media-Online-Abal-Abal-2.jpg

"Sudah ada, ya yang diteken oleh Dewan Pers karena keterlaluan. Misalnya yang tadi saya sebut polhukam.com itu udah ditakedown," ujar Yosep dalam sebuah acara "Diskusi Publik Memberantas Jurnalis Abal-Abal" di kantor Dewan Jl Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Menurut Yosep sudah banyak tindakan kriminalisasi yang dilakukan oleh para jurnalis yang sudah menyimpang dari kode etik jurnalistik. Sehingga, pengalaman seperti itu harus segera ditindaklanjuti.

Satgas-Media-Online-Abal-Abal-3.jpg

"Jurnalis kita sudah hampir kehilangan idealismenya yang seharusnya bekerja sesuai kode etik jurnalistik, malah banyak yang ikut-ikutan produksi hoaks," ungkapnya.

Yosep berharap dengan dibentuknya satgas media online abal-abal ini akan mempersempit ruang gerak para pekerja hoaks. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES