Selasa, 24 September 2019
Kesehatan

Salah Satu Makanan Sehat, Ini Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Salah Satu Makanan Sehat, Ini Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh Oatmeal. (FOTO: Hello Sehat)
Selasa, 12 Februari 2019 - 06:48

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Oatmeal sering menjadi pilihan untuk sarapan. Makanan sehat ini terbuat dari gandum kering. Oat dianggap sebagai gandum utuh dengan sejumlah manfaat gizi. Manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi karena mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman antioksidan yang penting.

Berikut ini berbagai manfaat makan oatmeal setiap hari untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Antioksidan

Manfaat makan oatmeal yang pertama dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, karena makanan ini mengandung antioksidan tingkat tinggi.

Oatmeal secara khusus mengandung polifenol, yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Avenanthramides adalah jenis antioksidan yang ada hampir secara eksklusif di gandum.

2. Baik untuk Diabetes

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan respon insulin dan mungkin juga mengurangi gula darah.

Penderita diabetes tipe 2 mungkin dapat mengonsumsi oatmeal untuk membantu mengatur kadar gula darah, selama mereka tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanan.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat makan oatmeal dapat mencukupi vitami dan mineral dalam tubuh. Oatmeal adalah makanan kaya nutrisi yang mengandung banyak vitamin dan mineral namun rendah kalori.

Mengonsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi dapat memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh sambil membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat makan oatmeal juga dapat mengurangi kadar kolesterol total.
Ada beberapa bukti yang mendukung pernyataan bahwa manfaat oatmeal dapat mendukung kadar kolesterol sehat karena kandungan beta-glukannya.

Sebuah tinjauan tahun 2014 menetapkan bahwa oatmeal dapat mengurangi kadar kolesterol total jika Anda mengonsumsi 3 gram atau lebih beta-glukan sehari.

5. Menyehatkan Pencernaan

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur dengan air. Larutan ini dapat melapisi perut dan saluran pencernaan. Lapisan memberi makan bakteri baik dalam usus, yang meningkatkan tingkat pertumbuhan mereka dan dapat berkontribusi pada usus yang sehat.

Sebuah studi kecil yang meneliti efek oatmeal pada pertumbuhan bakteri menemukan bahwa itu bisa memiliki efek positif.

6. Mengurangi Risiko Asma

Sebuah penelitian terhadap 3.781 anak-anak menentukan bahwa mereka yang makan gandum sebagai salah satu makanan pertama mereka lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit asma pada usia 5 tahun.

7. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Studi yang dikumpulkan oleh para peneliti di Inggris dan Belanda, menerbitkan bukti bahwa ada hubungan antara orang yang makan makanan tinggi serat (terutama dari biji-bijian dan sereal seperti gandum) dengan risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal. Studi ini juga mencakup hampir 2 juta orang dan secara khusus menemukan bahwa untuk setiap tambahan 10 gram serat dalam makanan seseorang, ada pengurangan 10% dalam risiko mereka terkena kanker kolorektal.

8. Membantu Mengatasi Insomnia

Orang Skotlandia merekomendasikan makan semangkuk oatmeal di malam hari untuk membuat Anda merasa baik dan mempercepat rasa kantuk.

Gandum mengandung melatonin dan karbohidrat kompleks yang dapat membantu lebih banyak triptofan masuk ke otak dan membantu Anda untuk tidur. Selain itu, oatmeal mengandung banyak vitamin, termasuk B6, yang merupakan faktor pendamping yang juga membantu memproduksi lebih banyak serotonin dalam otak.

Makanan sehat ini memang cocok untuk menu sarapan. Namun, Anda juga bisa makan di waktu lain untuk mendapatkan manfaat oatmeal yang lebih besar. Dengan konsumsi oatmeal secara teratur, kesehatan tubuh Anda juga bisa terjaga. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration