Kesehatan

Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut Usai Makan Bawang

Selasa, 12 Februari 2019 - 04:23 | 46.17k
ILUSTRASI - Bau Mulut. (FOTO: Depositphotos)
ILUSTRASI - Bau Mulut. (FOTO: Depositphotos)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Usai makan bawang, biasanya mulut mengeluarkan bau yang cukup mengganggu. Meski Anda sudah berkumur dan menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi, kadang bau mulut tersebut tak juga hilang. Tenang, Anda tak perlu panik. Bau mulut masih bisa diatasi dengan sejumlah cara. 

Dilansir dari Klik Dokter, berikut cara menghilangkan aroma tak sedap akibat makan bawang yang bisa Anda lakukan.

1. Minum Susu

Berdasarkan studi yang dilakukan Journal of Food Science, susu efektif mengurangi bau bawang pada mulut jika Anda meminumnya sebelum atau selama makan bawang. Kandungan lemak dalam susu mampu menetralkan zat belerang yang terdapat pada bawang.

2. Bersihkan Lidah

Bakteri penyebab bau mulut dapat menumpuk di lidah, apalagi bila Anda tidak membersihkannya saat menyikat gigi. Untuk menghilangkan bau bawang pada mulut, jangan lupa untuk menggunakan pembersih lidah saat Anda menyikat gigi.

Cara ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati, mikroba, dan partikel kecil makanan yang menempel di lidah. Biasakan pula untuk membersihkan lidah kapan saja, meski Anda sedang tidak mengonsumsi bawang.

Edisi-Minggu-1-Maret-2020-bau-mulut.jpg

3. Menggunakan Obat Kumur

Salah satu cara paling efektif untuk menetralkan senyawa sulfur dalam makanan seperti bawang putih adalah menggunakan obat kumur yang mengandung klorin dioksida atau seng. Selain itu, kandungan lainnya seperti chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride juga perlu Anda pertimbangkan keberadaannya pada obat kumur Anda.

4. Makan Buah-buahan

Wajar bila buah-buahan disebut sebagai makanan pencuci mulut setelah menyantap sejumlah asupan, khususnya yang mengandung bawang putih. Enzim alami dalam buah-buahan sehat seperti apel, berry, nanas, dan kiwi, mampu memecah senyawa sulfur pada bawang.

Oleh sebab itu, konsumsi jeruk nipis setelah Anda makan bawang putih juga tidak boleh diabaikan. Asam dari kandungan buah tersebut mampu menetralkan alliinase yang merupakan enzim penyebab bau mulut akibat konsumsi bawang.

5. Minum Air Putih

Cara ini adalah yang paling sederhana untuk mengatasi bau mulut usai makan bawang. Air putih tersebut dapat membersihkan bawang putih yang tersangkut di gigi atau menempel di lidah Anda, sehingga mengurangi bau mulut yang ada.

Minumlah secara perlahan dan berkumurlah hingga tak ada bawang yang tersisa di sela-sela gigi dan mulut Anda.

Selebihnya, biasakan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari saat pagi sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Menghentikan kebiasaan merokok dan menjauhi alkohol juga dapat mengurangi terjadinya bau mulut yang membandel.

Makan bawang memang sehat. Namun hati-hati, setelah melahapnya Anda dapat mengalami bau mulut yang mengganggu. Agar bebas bau mulut dan untuk menjaga kesehatan gigi, lakukan berbagai langkah di atas, dan tentunya jangan sampai melupakan rutinitas sikat gigi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES