Ketahanan Informasi

Tim Sergab Mabesad Kunjungi Kodim 0818 MalangBatu, ini Tujuannya

Tim Sergab Mabesad Kunjungi Kodim 0818 MalangBatu, ini Tujuannya Pengarahan Tim Sergab Mabesad Kolonel Arm Purbo di Kodim 0818. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Senin, 11 Februari 2019 - 12:58

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Serapan Gabah dan Beras Petani (Sergap) Mabes TNI AD mengunjungi wilayah Kodim 0818 Malang-Batu jalan Panji 11 Kepanjen Malang, Senin (11/02/19).

Kunjungan ini untuk mengoptimalisasi penyerapan gabah petani. Kedatangan Tim yang dipimpin oleh Kolonel Arh Hamim sebagai Ketua Tim Sergab Mabesad di dampingi Anggota Sergab Kolonel Arm Purbo dan Kolonel Inf Hendri Sembiring, dan turut dalam rombongan ini Pabandya Wanwil Sterdam V/ Brawijaya Letkol inf Budi Santoso disambut Kasdim 0818 Mayor Inf Teguh Prastowo mewakili Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad S.IP, yang didampingi Pasiter Kodim Kapten Arh Jumawi, dan Danramil se-jajaran Kodim 0818.

Kodim-Mayot-Inf-Teguh-Prastowo.jpg

Sambutan Kasdim 0818 Mayot Inf Teguh Prastowo. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Rombongan disambut di halaman Makodim 0818 bersama instansi terkait dari Dinas Pertanian, Dinas Han Pangan dan Bulog Divre Bulog Malang.

Kunjungan Kerja Tim Sergab tersebut dihadiri Kasub Divre Bulog Malang Eko, Dinas Pertanian dan Holtikultura yang di wakilkan Bambang Pujo, Perwakilan dari Dinas Han Pangan Kab. Malang Insih, serta poktan/ gapoktan di wilayah Kab. Malang.

Tim Sergab Mabesad juga selanjutnya akan mengunjungi Lokasi panen di Desa Sumberpucung Kec. Sumberpucung serta kemudian dilanjutkan ke Tempat Penggilingan Padi CV. Sumber Jaya di Kec. Gondanglegi milik H. Hatta.

Kasdim 0818 Mayor Inf Teguh Prastowo menyampaikan bahwa  kebutuhan pangan yang merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar sangat berpengaruh terhadap existensi dari ketahanan hidupnya. Baik dipandang dari segi kuantitas dan kualitasnya yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat.

Kodim-Kujungan-Kerja-Tim.jpg

 Kujungan Kerja Tim Sergab dari Mabesad di Kodim 0818. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Dengan operasi sergap (serap gabah petani ) Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu telah berupaya untuk merealisasikan target yang telah dibebankan guna memenuhi target stok pangan di wilayah Kab. Malang-Batu khususnya, agar terjaga stok pangan secara nasional yang pada akhirnya dapat memenuhi target pemerintah untuk swasembada pangan Nasional.

Kodim 0818 / Wil. Kab. Malang-Batu melaksanakan pendampingan upsus dukung swapang dengan melaksanakan giat pendampingan aparat upsus dalam rangka dukung pemerintah untuk mencapaian swapang.

"Mulai koordinasi dengan instansi terkait sampai dengan pendampingan secara langsung di lapangan," kata Kasdim 0818 Mayor Inf Teguh Prastowo.

Sementara itu. Kolonel Arm Purbo sebagai anggota Tim Sergab Mabesad menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan Serapan gabah di Wilayah Jawa Timur ini sebagai rangkaian dari Peninjauan ke wilayah tentang Hasil Serapan gabah yang telah dicapai oleh Kab. Malang dalam musim panen Tahun 2018.

"Apakah ada peningkatan atau stabil bahkan kemungkinan ada penurunan dari tahun 2017, sehingga Stok pangan nasional yang di hasilkan oleh Kab. Malang dapat terpenuhi sesuai dengan target yang diharapkan," ungkapnya.

Ia menambahkan, Bulog sebagai gudang Beras yang mendapat pasokan dari petani akan menerima berapapun hasil Sergab dari petani dan akan dibayarkan di tempat sesuai dengan kualitas gabah yang premium. Sehingga dalam pemenuhan target swasembada pangan Nasional akan tercapai.

"Itu semua berkat kerjasama antar petani, Babinsa, penyuluh pertanian, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Bulog yang saling bersinergi mendukung Swasembada Pangan Nasional," tutup Kolonel Arm Purbo.

Pasiter Kodim 0818 Malang-Batu Kapten Arh Jumawi juga menegaskan kegiatan ini dalam rangka untuk mendukung, dan menyukseskan program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan Nasional. Ia berharap semua pihak dapat bekerjasama demi memenuhi target nasional. (*)

Jurnalis : Yeremia (CR-084)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration