Minggu, 17 Februari 2019
Politik

Survei Charta Politika: PDI Perjuangan Unggul di Dapil I dan Dapil III DKI Jakarta

Survei Charta Politika: PDI Perjuangan Unggul di Dapil I dan Dapil III DKI Jakarta Rilis Survei Charta Politika di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019). (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)
Senin, 11 Februari 2019 - 15:59

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hasil yang ditunjukkan oleh lembaga survei Charta Politika menunjukkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI Perjuangan unggul atas partai lain di dapil I dan dapil III DKI Jakarta.

Adapun survei dilakukan di dapil I, II dan III DKI Jakarta pada tanggal 18-25 Januari 2019 dengan jumlah responden sebanyak 800 orang per dapil.

"Dalam survei ini, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik yaitu, untuk elektabilitas, PDI P hanya kalah di daerah pemilihan dua DKI Jakarta," ujar Muslimin, selaku Direktur Riset Charta Politika di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Dimana hasil survei menunjukkan, elektabilitas PDI Perjuangan di dapil I unggul dengan 17,6 persen, di susul oleh Partai Gerindra 14,0 persen dan Golkar di posisi ketiga dengan 9,8 persen.

Sedangkan untuk dapil II, posisi teratas dihuni Partai Gerindra dengan 27,0 persen. Kemudian disusul PDI Perjuangan yang menduduki posisi kedua dengan 24,6 persen dan posisi ketiga Partai Kebangkitan Bangsa (PKS) 8,3 persen.

"Untuk dapil III PDI P unggul dengan 29,4 persen, disusul Gerindra 21,1 persen dan PKS 7,0 persen," papar Muslimin.

Untuk diketahui, pada pemilu 2019 ini pertama kalinya pilpres dan pileg dilangsungkan dalam satu hari yang sama. Adapun pemilu akan digelar pada 17 April mendatang.

Dari survei opini yang dilakukan Charta Politika secara face to face kepada responden, diketahui PDI Perjuangan unggul di dua dapil yakni dapil I dan dapil III DKI. Dimana untuk dapil I meliputi Jakarta Timur, dapil II Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar negeri, sedangkan dapil III Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. (*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration