Peristiwa Nasional

Tahun Ini Pemerintah Siapkan 1,2 Juta Sambungan Listrik Gratis

Senin, 11 Februari 2019 - 17:05 | 48.90k
Ilustrasi jaringan listrik
Ilustrasi jaringan listrik

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri ESDM RI (Energi dan Sumber Daya Mineral RI), Ignasius Jonan menegaskan jika di tahun 2019 ini, pemerintah menyiapkan 1,2 juta sambungan listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu yang belum tersambung listrik.

:Ada rencana untuk tambahan penyertaan (modal) negara, itu kurang lebih Rp 6 triliun untuk bisa memberikan sambungan-sambungan listrik gratis di tahun ini. Jumlahnya kira-kira 1,2 juta sambungan baru khusus bagi warga yang kurang mampu," tegasnya di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurut Jonan, jumlah sambungan tersebut kemungkinan masih bertambah dari adanya dana APBN Kementerian ESDM 100-150 ribu sambungan, juga bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Ibu Rini (Menteri BUMN) sudah sepakat tentang hal itu," imbuhnya.

BUMN yang kemungkinan besar terlibat dalam program ini adalah PLN, Bulog, Jamkrindo, Pegadaian, Semen Indonesia, Dahana, Perhutani, BRI, Pindad, Telkom & Telkomsel, BNI, Airnav, Askrindo, Waskita, PTPN III Holding (PTPN VIII).

Selain itu masih ada juga Jasa Marga, Jasa Raharja, Jasindo, Biofarma, KAI, Hutama Karya, Telkomsel, Pertamina, Mandiri, Angkasa Pura 2, Pelindo 2, BTN, PIHC, WIKA, PP, PGN, Antam, Taspen, ASDP dan PT POS Indonesia.

Jonan menambahkan jika pemberian sambungan gratis bagi wilayah tertentu ini merupakan arahan Presiden RI Joko Widodo. "Mikirnya bukan untung rugi, tapi pemerataan pembangunan yang lebih baik," tegasnya.

Pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk layanan dasar yang diberikan pemerintah kepada masyarakat, diharapkan bisa memberi kontribusi bagi peningkatan rasio elektrifikasi nasional yang ditargetkan sebesar 99,9 persen di tahun 2019. "Saya optimis bisa tercapai," pungkas Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES