Peristiwa Daerah

Ridwan Kamil: Taman Dilan Genjot Wisata kota Bandung

Senin, 11 Februari 2019 - 12:15 | 86.13k
Ridwan Kamil bersama pemain film Dilan dalam acara jumpa pers rencana pembangunan Taman Dilan (FOTO: Dok. Humas Pemprov Jawa Barat)
Ridwan Kamil bersama pemain film Dilan dalam acara jumpa pers rencana pembangunan Taman Dilan (FOTO: Dok. Humas Pemprov Jawa Barat)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil berencana akan membangun Taman Dilan di area GOR Sapuara, kota Bandung. Taman ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di ibu kota Jawa Barat.

"Film Dilan ini syuting di Bandung menjadi luar biasa. Untuk objek pariwisata, kalau itu rilis pasti akan heboh. Banyak wisatawan yang datang. Berapa income yang kita bisa dapat," jelas Gubernur yang biasa disapa Emil itu saat jumpa pers di Rumah Dinas Gubernur Gedung Pakuan Bandung, Minggu (10/2/2019).

Rencananya, Taman Dilan akan dihiasi mural, foto-foto, serta tulisan sajak karya penulis trilogi novel Dilan, Pidi Baiq. Selain itu, akan ada replika kendaraan bermotor tahun 90 an, serupa milik Dilan dalam novel dan film.

"Pasti orang mau foto-foto kan, atau orang mau baca buku. Nanti di tempat itu ada perpustakaan yang isinya buku-buku mayoritas tentang Bandung dan Dilan juga," tambah Emil.

Selain pendongkrak pariwisata, Taman Dilan dibuat juga untuk mengapresiasi karya Pidi Baiq yang turut mengangkat citra positif kota Bandung. 

Seperti diketahui, film Dilan 1990 sukses di pasaran dan mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Cerita dan lokasi pada film tersebut keseluruhannya mengambil tempat di Kota Bandung.

"Saya sangat mendukung semua film yang positif dan yang mempromoisikan kota. Untuk legenda-legenda kontemporer kita sudah sepakat akan kita abadikan dalam sebuah tempat," kata Emil.

Pada 24 februari 2019 mendatang, Emil juga akan mengadakan Hari Dilan. Pada hari itu, seluruh warga Bandung dapat menyaksikan film Dilan 1991 di seluruh bioskop hanya dengan membayar Rp 10 ribu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bandung

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES