Peristiwa Internasional

Pangeran Philip Serahkan SIM Kepada Polisi Inggris Setelah Kecelakaan

Senin, 11 Februari 2019 - 08:44 | 77.07k
Pangeran Philip (FOTO: Tempo)
Pangeran Philip (FOTO: Tempo)

TIMESINDONESIA, INGGRISPangeran Philip (97), suami Ratu Elizabeth II, Inggris akhirnya menyerahkan SIM (Surat Izin Mengemudi)-nya kepada Polisi pasca mengalami kecelakaan di Norfolk dan terbalik.

Pada Kamis (18/1/2019) pukul 15.00 lalu, mobil SUV Land Rover yang dikemudikan Pangeran Philip, menabrak satu kendaraan lainnya di jalanan dekat Perkebunan Sandringham milik istrinya di Norfolk dan terbalik.

Insiden itu melukai seorang bayi berusia 9 bulan yang duduk di kursi belakang mobil dan sang ibu yang mengalami patah pinggang dan lutut. Sedangkan Pangeran Philip selamat.

Pasca peristiwa itu memang banyak pihak mempertanyakan apakah pangeran yang lima bulan lagi menginjak usia 98 tahun itu masih sanggup mengemudi sendiri.

Sejumlah media juga mengkritik ayah dari Pangeran Charles itu karena tak juga menyatakan permintaan maaf kepada publik, terutama kepada korban dalam peristiwa kecelakaan itu.

Keputusan menyerahkan SIM tersebut,  menurut pernyataan Istana Backingham Kerajaan Inggris, atas kemauan sendiri sang pangeran yang berusia 97 tahun itu.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat, Duke of Edinburgh (gelar Pangeran Philip) telah mengambil keputusan untuk secara sukarela menyerahkan SIM-nya," tulis pernyataan Istana Buckingham, seperti dikutip AFP, Sabtu (9/2/2019)

"Polisi Norfolk dapat mengonfirmasi bahwa pengemudi Land Rover berusia 97 tahun terlibat dalam tabrakan di Sandringham, secara sukarela telah menyerahkan SIM-nya kepada petugas. Berkas penyelidikan kasus tersebut telah diteruskan ke Lembaga Penuntutan Kerajaan untuk dianalisis dan dipertimbangkan," bunyi pernyataan polisi.

Sementara itu pihak Lembaga Penuntutan Kerajaan mengatakan pihaknya masih mempertimbangkan kasus kecelakaan salah satu anggota kerajaan ini.

Pangeran Philip yang telah pensiun dari peran publiknya pada 2017, kembali menjadi sorotan setelah peristiwa kecelakaan itu. Apalagi dua hari setelah kecelakaan itu, Pangeran Philip bahkan masih terlihat mengendarai Range Rover lainnya tanpa sabuk pengaman yang dianggap sebagai tindakan ilegal di Inggris(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES