Kesehatan

Sering Cegukan Setelah Makan? Ini Penyebabnya

Senin, 11 Februari 2019 - 06:22 | 161.96k
Cegukan. (FOTO: Alodokter)
Cegukan. (FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda mengalami cegukan setelah makan? Cegukan ini tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman. Pakar kesehatan menyebut cegukan memang bisa muncul setelah kita makan. Kondisi ini tentu akan membuat tubuh terasa tidak nyaman. Apa sebenarnya penyebab cegukan setelah makan?

Berikut adalah beberapa penyebab cegukan yang muncul setelah kita mengonsumsi makanan.

1. Makan Terlalu Cepat

Penyebab paling sering munculnya cegukan setelah makan adalah kebiasaan makan yang terlalu cepat atau terburu-buru, apalagi jika porsi makanan yang kita konsumsi cukup besar. Dengan melakukannya, maka tekanan pada perut yang langsung dijejali makanan dalam waktu yang cepat meningkat sehingga membuat diafragma berkontraksi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan cegukan.

Selain itu, jika kita makan dengan sangat cepat, biasanya ada sejumlah udara yang juga ikut tertelan masuk. Keberadaan udara inilah yang juga bisa memicu kontraksi pada diafragma yang sekaligus merangsang penutupan katup epiglotis yang memicu datangnya cegukan.

Edisi-Minggu-1-Maret-2020-cegukan.jpg

2. Mengonsumsi Beberapa Jenis Makanan Tertentu

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu ternyata juga bisa menyebabkan datangnya cegukan. Beberapa jenis makanan tersebut adalah makanan yang kering, makanan yang sangat pedas, dan makanan yang terlalu panas atau dingin.

Beberapa jenis makanan kering layaknya biskuit kering cenderung sulit untuk ditelan, apalagi jika kita juga tidak mengimbanginya dengan minum air. Memakannya tentu akan memberikan tekanan pada kerongkongan yang kemudian merangsang sejumlah saraf di sekitarnya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan kontraksi pada diafragma.

Jika kita mengonsumsi makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu pedas, hal ini juga akan merangsang saraf di kerongkongan. Hal yang sama juga terjadi jika kita mengonsumsi minuman bersoda yang membuat kita menelan gas dalam jumlah yang cukup banyak.

3. Terjadi Perubahan Suhu di Kerongkongan

Perubahan suhu yang terjadi di kerongkongan juga akan mempengaruhi kondisi saraf di sekitarnya. Perubahan suhu ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan dan minum yang tidak tepat. Sebagai contoh, jika kita baru saja mengonsumsi makanan yang panas namun kemudian minum minuman dingin, bisa jadi hal ini akan menyebabkan datangnya cegukan. Perubahan suhu udara mendadak seperti saat kita baru saja keluar dari restoran ber-AC ke tempat yang panas juga bisa menjadi penyebabnya.

4. Stres

Stres ternyata juga bisa menyebabkan datangnya cegukan lho. Saat kita mengalami gangguan emosi, maka kita pun cenderung menelan udara dalam jumlah yang banyak yang akhirnya berimbas pada datangnya kontraksi pada diafragma.

5. Disebabkan oleh Beberapa Kondisi Tertentu

Jika cegukan tak kunjung berhenti dalam waktu yang sangat lama dan sering muncul, ada baiknya kita mewaspadai gangguan pembuluh darah pada otak, gangguan pada sistem saraf pusat, hingga adanya gangguan pencernaan seperti penyakit GERD.

Itulah berbagai penyebab cegukan setelah makan, mulai dari kebiasaan makan hingga kondisi kesehatan tertentu. Jika tak ingin mengalami hal inu, hindarilah berbagai hal di atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES