Politik

KPAI Pertanyakan Kepentingan Jan Ethes dalam Kegiatan Politik Presiden RI Jokowi

KPAI Pertanyakan Kepentingan Jan Ethes dalam Kegiatan Politik Presiden RI Jokowi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Minggu, 10 Februari 2019 - 21:48

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pertanyakan kepentingan cucu Presiden RI Jokowi, Jan Ethes dalam keterlibatannya di kegiatan politik presiden, mengingat di tengah masa  kampanye Pemiliham Umum (Pemilu) 2019.

Menurut Komisioner KPAI RI, Jasa Putra pertanyaan tersebut hadir ketika dikaitkan dengan aturan yang telah tertera dalam implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak. Dalam UU tersebut menyatakan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar tetap hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, mendapat perlindungan dari kekerasan diskriminasi. 

"Pertanyaan sulit yang harus dijawab KPAI. Poinnya adalah pertama anak ini kan punya hak untuk dilindungi dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik," ucap Jasa Putra dalam diskusi bertajuk 'Kontroversi Politisasi Anak Dalam Pemilu: Studi Kasus Jan Ethes' di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Mengenai kontroversi Jan Ethes tersebut, Afif berharap agar para peserta maupun partisipan Pemilu 2019 tidak menyalahkan aturan yang ada. Terlebih pada kampanye yang melibatkan anak-anak. 

"Tentu kita berharap Jan Ethes dengan usianya yang tumbuh kembang ini biarkanlah dia tumbuh kembang seperti anak biasanya sehingga proses politik kita tidak dilibatkan anak-anak kita di pusaran itu (Pemilu)," harapnya.

Sebelumnya, kontroversi akan kehadiran Jan Ethes pada beberapa kegiatan politik Presiden RI Jokowi. Hal ini dikarenakan posisi Jokowi yang juga mencalonkan diri dalam Pilpres 2019 dinilai sebagai aksi kampanye. Oleh karenanya, KPAI akan memantau kegiatan kampanye yang melibatkan anak. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration