Wisata

Ada Pohon Pelangi di Bondowoso, Berbagai Warna Menempel di Batangnya

Minggu, 10 Februari 2019 - 13:46 | 565.52k
Pohon pelangi atau Rainbow eucalyptus, yang terdapat di Dusun Darungan, Desa Sumberwringin Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Pohon pelangi atau Rainbow eucalyptus, yang terdapat di Dusun Darungan, Desa Sumberwringin Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOPohon pelangi, atau yang dikenal dengan sebutan Rainbow eucalyptus, tidak hanya tersebar di Papua Nungini dan Sulawesi. Ternyata, di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, juga terdapat pohon eksotis, dengan batang berwarna-warni tersebut.

Pohon tersebut, merupakan salah satu diantara jenis pohon kayu putih (Eucalyptus). Tapi, tidak menghasilkan minyak kayu putih seperti pohon Eucalyptus lainnya.

Pohon tersebut menyajikan keindahan seni,  ciptaan yang maha kuasa, dengan berbagai macam warna yang menempel di batangnya. Mulai warna merah, biru, hijau, kuning, cokelat dan berbagai macam warna yang lain. Ditambah dengan ukurannya yang besar dan tinggi menjulang.

Pohon-Pelangi-Bondowoso-a.jpg

Sekilas kalau dilihat, pohon itu seperti dicat warna-warni. Bahkan, kalau dalam gambar seperti hasil editan Photoshop. Namun ternyata itu memang keindahan alami, yang disajikan pohon tersebut.

Sementara warna-warni seperti pelangi di batang pohon itu, berasal dari kulit pohon yang sering terkelupas. Tapi lapisan-lapisan kulitnya,  mengelupas secara bergantian.

Ketika lapisan kulit terluarnya hilang, lapisan yang berwarna hijau yang tertutupi akan nampak. Kemudian tumbuhlah kulit baru. Kulit baru itulah, yang kemudian berubah warna menjadi merah, hijau, biru, dan warna-warna yang lain.

Uniknya, tiap pergantian lapisan selalu memunculkan warna yang berbeda dari sebelumnya. Ini membuat batang Rainbow eucalyptus berwarna-warni seperti pelangi.

Pohon yang juga punya nama Ilmiah Eucalyptus deglupta itu, di Bondowoso  terdapat di Dusun Darungan, Desa Sumberwringin Kecamatan Sumberwringin. Atau sekitar 34 kilometer dari pusat kota. 

Pohon-Pelangi-Bondowoso-b.jpg

“Indah, saya sangat kagum dengan keindahan yang ditampilkan oleh pohon yang tidak semua derah punya,” kata Riskyah, salah seorang pengunjung, Minggu (10/2/2019).

Ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Bondowoso, menjaga kelestarian pohon tersebut. Bahkan, kata dia, kalau perlu diperbanyak.

Pohon pelangi, atau Rainbow eucalyptus, berasal dari hutan hujan Mindanao, yang merupakan pulau paling selatan dan timur di kelompok pulau Filipina. Kemudian pohon itu tersebar di Indonesia, termasuk juga di Bondowoso, Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES