Wisata

Ingin Berwisata Religi, Datang Saja ke Makam Bathoro Katong Ponorogo

Ingin Berwisata Religi, Datang Saja ke Makam Bathoro Katong Ponorogo Peziarah di depan gerbang Makam Bathoro Katong.(Foto: Evita Mukharohmah/TIMES Indonesia)
Minggu, 10 Februari 2019 - 12:57

TIMESINDONESIA, PONOROGOWisata religi menjadi pilihan sebagian masyarakat untuk mencari ketenangan hati di sela rutinitas. Di Kabupaten Ponorogo, ada salah satu tempat wisata religi yang banyak dikunjungi warga lokal maupun luar daerah yakni makam Bathoro Katong di Desa Sentono, Kecamatan Jenangan.

"Jumlah wisatawan religi sudah hampir menyamai makam-makam para wali di tanah Jawa," ujar Sunardi Juru Kunci Makam Bathoro Katong, Minggu (10/2/2019).

Bathoro Katong adalah putra dari Raja Brawijaya V yang memiliki nama  kecil Joko Piturun atau Lembu Kanigoro. Ketika remaja ia diboyong saudaranya Raden Patah ke kerajaan Demak untuk mendalami Agama Islam. Kemudian dia diutus melakukan penaklukan ke wilayah kerajaan Wengker yang saat ini dikenal dengan sebutan Ponorogo.

Sunardi berharap makam Bathoro Katong di Kabupaten Ponorogo nantinya akan menjadi seperti makam para wali yang banyak dikunjungi  peziarah lokal maupun nasional.  Sehingga bisa membawa berkah bagi masyarakat di sekitar makam maupun bagi pemerintah daerah. Hal tersebut sejalan dengan visi Pemkab Ponorogo mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan religius dan program wisata Ayo ke Ponorogo. (*)

Jurnalis : Evita Mukharomah (MG-74)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Registration