Selasa, 23 April 2019
Olahraga

Ada Dua Benda Istimewa Pada Motor Ducati Musim MotoGP2019, Ssst Diintip Yuk...

Ada Dua Benda Istimewa Pada Motor Ducati Musim MotoGP2019, Ssst Diintip Yuk... Saklar di garpu stang dan fairing (sayap) terbaru motor Ducati yang sempat mencuri sorotan media. (FOTO: Crash)
Minggu, 10 Februari 2019 - 08:34

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada dua benda istimewa yakni saklar dan fairing enam tingkat pada motor Ducati yang membuat penampilan empat pebalapnya sebagai yang luar biasa pada tes Pramusim MotoGP2019 di Sepang, Malaysia yang baru lalu.

Benarkah demikian? Baik tim di paddock maupun pebalap Ducati tidak ada yang mau bicara tentang saklar dan fairing itu. Dua piranti yang terpasang di motor merah menyala Mission Winnow Ducati itu telah mencuri perhatian, terutama sorotan media.

Sepanjang hari, pada tes Pramusim MotoGP2019 itu, dari pagi hingga sore, timesheet tercepat tak berubah, dipimpin oleh Danilo Petrucci dari tim pabrikan Ducati, disusul dua pebalap satelit Alma Pramac Ducati, Fabio Quantarto dan Jack Miller, dan terakhir Andrea Dovizioso.

Ducati memang telah menggunakan fairing itu sejak tahun lalu walaupun dalam bentuk berbeda. Tapi ukurannya tetap menonjol dibanding tim lain yang sedikit malu-malu.

Sayap itu memang sangat berguna bagi Desmosedici yang memiliki power besar saat menikung dari kecepatan tinggi, sekaligus mempermudah manuver di tikungan.

Lalu ada sebuah saklar berwarna hitam yang letaknya di tengah-tengah garpu stang, jauh dari ujung stang. Secara kasat mata, saklar tersebut sepertinya tidak akan dioperasionalkan pebalap saat bermanuver sepanjang lomba karena jaraknya yang jauh dari ujung stang.

General Manajer Tim Mission Winnow Ducati Luigi Dall'Igna, memangbdikenal sebagai ahli aerodinamika dan winglet motor. Fairing terbaru yang sempat diperkenalkannya pada Tes Pramusim MotoGP2019 adalah salah satu karya terbarunya.

Fairing baru itu masih didominasi warna hitam dan belum tercetak nama-nama sponsor lantaran disinyalir belum akan menjadi final pada musim MotoGP2019 nanti. Tapi akibat dari fairing baru tersebut, motor Ducati tampak memiliki dimensi winglet lebih besar daripada sebelumnya. Keberadaan saklar dan fairing itupun para pebalapnya tidak ada yang berkomentar. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration