Gaya Hidup

Tips Tubuh Tetap Sehat Meski Kerja Malam

Minggu, 10 Februari 2019 - 02:36 | 523.78k
ILUSTRASI: Kerja dimalam hari.(FOTO: Grid.ID)
ILUSTRASI: Kerja dimalam hari.(FOTO: Grid.ID)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Normalnya kita bekerja dari pagi hingga sore hari. Namun, tak sedikit juga yang harus bekerja di malam hari. Bekerja di malam hari memang rawan sekali mengalami gangguan pada tubuh. Lalu, bagaimana caranya agar tidak mengalami masalah kesehatan meski kerja malam?

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan agar sehat meski sering kerja malam.

1. Makan dengan Benar

Makan harus benar dan usahakan tetap 3 kali sehari. Porsinya sama saja dengan saat bekerja di siang hari. Jangan kurangi kalori atau menambahnya. Usahakan tetap sesuai dengan kalori harian agar tubuh tidak mudah lapar dan membuat Anda jadi kalap saat makan.

Jangan makan dalam dua porsi besar seperti sebelum berangkat kerja dan saat pulang kerja. Usahakan untuk tetap membuatnya jadi tiga kali. Kalau Anda tidak sempat, berarti ada yang salah dengan pola makan yang dimiliki.

2. Makan sebelum Tidur

Seseorang dengan pola kerja ini akan tidur pagi hari dan bangun sore hari. Sebelum tidur usahakan untuk makan dahulu. Anggap ini sebagai sarapan. Kalau Anda tidak makan, tubuh akan semakin lemas saat bangun tidur nantinya.

Setelah bangun tidur Anda bisa makan lagi sebelum akhirnya berangkat kerja. Anggap ini sebagai makan kedua. Selanjutnya makan lagi saat jam istirahat sebelum tengah malam. Jangan makan antara pukul 00.00  hingga 06.00.

3. Sempatkan Olahraga

Setelah bangun tidur dan belum waktunya kerja, sebisa mungkin untuk olahraga. Cukup lakukan 30-45 menit saja seperti jogging ringan atau pergi ke tempat gym.

Melakukan olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Anda akan semangat untuk bekerja meski di malam hari.

4. Pilih Makanan yang Benar

Usahakan mengonsumsi makanan yang banyak vitamin dan mineral. Makan dengan kadar serat tinggi juga sangat direkomendasikan. Makanan yang masuk ke tubuh juga diharapkan memiliki antioksidan.

5. Konsumsi Vitamin D

Karena tidur di pagi hari, peluang terkena sinar matahari akan rendah. Padahal sinar matahari membantu tubuh membuat vitamin D. Kalau Anda ingin sehat, gunakan saja suplemen agar risiko beberapa jenis kanker bisa diturunkan.

6. Cek Kesehatan

Apa pun kondisinya selalu lakukan pengecekan rutin setiap bulan. Pengecekan ini akan mengetahui apakah Anda sedang sehat atau mengalami masalah dengan kesehatan akibat sering bekerja di malam hari.

7. Manfaatkan Quality Time

Sebisa mungkin manfaatkan quality time dengan keluarga. Saat tidak bekerja, habiskan waktu, untuk bersenang-senang sehingga peluang terjadi stres akan rendah.

Setiap orang memang memiliki pekerjaan yang berbeda-beda. Ada yang kerja malam atau sering shift malam karena menjadi petugas keamanan. Selanjutnya ada yang bekerja di rumah tapi mulai malam hari lantaran memiliki klien beda negara dan beda jam. Manfaatkan tips di atas agar tetap bisa kerja dan tidak mengalami masalah kesehatan meski tidak tidur di malam hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES