Pendidikan

Wow, Lulusan SMA Anglikan Macarthur Australia Juara Bahasa Indonesia Ekstensi

Sabtu, 09 Februari 2019 - 17:05 | 39.45k
Claudia Sophie Petrin. Lulusan SMA Anglikan Macarthur mendapat ucapan selamat dari Konjen RI di Sydney, Heru Hartanto Subolo (Foto: istimewa)
Claudia Sophie Petrin. Lulusan SMA Anglikan Macarthur mendapat ucapan selamat dari Konjen RI di Sydney, Heru Hartanto Subolo (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Prestasi membanggakan dicatat Claudia Sophie Petrin. Lulusan SMA Anglikan Macarthur itu menjadi yang terbaik di bidang Bahasa Indonesia kategori Ekstensi se-New South Wales (NSW), Australia.

Pencapaian siswa dari sekolah di Kota Cobbitty - sekitar 62 km dari pusat Kota Sydney, yang berencana melanjutkan studi di Universitas Sydney itu mendapat ucapan selamat langsung dari Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Heru Hartanto Subolo.

Pada Jumat (8/2/2019), Konjen Heru Subolo didampingi Konsul Hermanus Dimara dan Asisten Joanne Hajjar dari Konsulat Jenderal RI (KJRI) Sydney menghadiri pertemuan umum tahun ajaran baru SMA Anglikan Macarthur sebagai bentuk apresiasi atas hasil luar biasa yang dicapai para lulusan dari sekolah tersebut pada Ujian Sertifikasi 2018 (HSC), termasuk Claudia Petrin.

TIMES-Indonesia-Macarthur-02.jpg

"Selamat kepada Claudia atas keberhasilan menjadi yang terbaik se-NSW pada ujian sertifikasi SMA 2018 kategori Bahasa Indonesia kategori Ekstensi. Sebagai wakil Pemerintah Indonesia, saya sangat bangga dan menghargai kerja keras dan dedikasi anda belajar Bahasa Indonesia sehingga meraih hasil luar biasa ini," ujarnya di depan ratusan siswa, guru dan staf serta para orang tua dan keluarga di SMA Anglikan Macarthur.

Tak lupa, Konjen Heru Subolo juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Macarthur. "Karena di balik kesuksesan seorang siswa selalu ada dukungan luar biasa dari sekolah, kepala sekolah, para guru, staf dan tentu saja teman dan keluarga," imbuhnya.

Setiap tahun, KJRI Sydney berkolaborasi dengan Asosiasi Australia Indonesia (AIA) memberikan penghargaan Lottie Maramis Prize (sertifikat dan uang tunai) kepada para siswa yang menjadi terbaik di NSW pada HSC bidang Bahasa Indonesia Pemula, Bahasa Indonesia Lanjutan dan Bahasa Indonesia Ekstensi sebagai upaya mendorong para siswa melanjutkan pemelajaran Bahasa Indonesia.

Konjen Subolo menghadiri pertemuan umum SMA Macarthur untuk menyerahkan Lottie Maramis Pirze, bersama Miriam Tulevski dari Visit Indonesia Tourism Office (VITO) atas nama AIA. 

"Ada banyak alasan kenapa penting untuk belajar Bahasa Indonesia, termasuk alasan ekonomi dan bisnis. Dan melakukan perjalanan adalah cara belajar bahasa yang menggembirakan. Oleh karena itu ketika ada kesempatan bepergian ke Indonesia, ambil kesempatan tersebut," ujar Miriam Tulevski.

TIMES-Indonesia-Macarthur-03.jpg

Bahasa Indonesia sendiri merupakan salah satu mata ajaran utama di SMA Macarthur. Diajarkan sebagai pelajaran wajib dari tingkat TK hingga SMP kelas 2, Bahasa Indonesia menjadi subyek pilihan dari SMP kelas 3 hingga SMA kelas 3. Pengajaran Bahasa Indonesia di Macarthur mendapatkan dukungan kuat dari Kepala Sekolah Dr David Nockles dan 5 orang guru Bahasa Indonesia. 

Selama dua tahun berturut-turut, siswa dari SMA Macarthur termasuk dalam daftar siswa dari sekolah-sekolah lain yang menerima Lottie Maramis Prize atas keberhasilannya menjadi yang terbaik pada HSC di bidang Bahasa Indonesia se-NSW.

Selain menjadi yang terbaik di Bahasa Indonesia kategori Ekstensi, Claudia juga merupakan yang terbaik ketiga Bahasa Indonesia kategori Lanjutan. Lulusan lainnya dari SMA Anglikan Macarthur, Kate House menjadi terbaik kedua se-NSW di bidang Bahasa Indonesia kategori Lanjutan dan kategori Ekstensi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES