Peristiwa - Daerah

Turut Peringati HPN 2019, Sekolah di Gresik Ajak Siswanya Sehari Jadi Jurnalis

Turut Peringati HPN 2019, Sekolah di Gresik Ajak Siswanya Sehari Jadi Jurnalis Salah satu siswi saat mewawancari penjual makanan di kantin sekolah (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Sabtu, 09 Februari 2019 - 17:16

TIMESINDONESIA, GRESIK – Turut memperingati Hari Pers Nasional atau HPN 2019, puluhan siswa SD di Kabupaten Gresik, Jawa Timur diajak untuk mencari berita layaknya menjadi seorang jurnalis.

Para siswa-siswi itu diajak untuk melakukan pekerjaan yang dilakukan jurnalis yakni wawancara menulis berita hingga teknik memotret.

Dalam wawancara tersebut, mereka nampak serius dalam menggali informasi. Selain tema kantin sekolah sehat, ada juga siswa yang melakukan peliputan dengan tema perpustakaan dan profil seorang guru yang berprestasi.

"Ya, tentu senang sekali. Apalagi ini baru pertama kali yang saya lakukan. Ini hal baru dan pengalaman baru," kata Fadil, salah satu siswa SD Islam Al-Muttaqin, Kecamatan Driyorejo, Sabtu (9/2/2019).

Fadil menceritakan, ia tadi diberikan tugas oleh guru untuk meliput salah satu kantin sekolah dan profil guru berprestasi. "Setelah itu langsung menulis beritanya," ucapnya.

Salah satu guru, Cici Ambarwati mengaku pihaknya sengaja memberikan tugas tambahan kepada siswa dengan cara mencari dan menulis berita secara langsung.

Kegiatan itu dikatakan Cici sebagai upaya untuk mencari bibit unggul dalam hal literasi. Ke depan diharapkan agar siswanya menjadi jurnalis cilik yang akan mengisi berita di majalah internal sekolah.

"Melalui ilmu jurnalistik, pihak sekolah menanamkan budaya literasi sejak dini pada anak-anak, salah satunya dengan cara memberi tugas menulis berita," tambah Cici yang turut memperingati HPN 2019 dengan mengajak siswanya menjadi jurnalis sehari. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration