Sabtu, 20 April 2019
Gaya Hidup

Bukan karena Hamil, Ini Penyebab Mual di Pagi Hari

Bukan karena Hamil, Ini Penyebab Mual di Pagi Hari ILUSTRASI - Mual di Pagi Hari. (FOTO: Hello Sehat)
Sabtu, 09 Februari 2019 - 06:17

TIMESINDONESIA, JAKARTAMual di pagi hari pada wanita biasa dikaitkan dengan kehamilan. Kondisi ini sering disebut dengan morning sickness. Padahal tidak semua mual saat pagi berkaitan dengan kehamilan. Kondisi ini bisa berkaitan dengan kebiasaan dan kesehatan, lho. Apa saja penyebab mual di pagi hari?

Berikut ini penyebab mual di pagi hari yang bukan karena hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Kurang Tidur

Jika Anda terbangun dengan rasa mual di pagi hari, mungkin Anda sedang kelelahan karena kurang tidur. Kurang tidur membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang memicu rasa mual saat bangun tidur.

2. Salah Makan

Jenis makanan yang Anda santap sebelum tidur bisa menjadi penyebab mual di pagi hari. Mungkin saja makanan tersebut telah terkontaminasi bakteri Salmonella sehingga memicu gejala keracunan makanan, misalnya mual, muntah, sakit perut, hingga diare.

Terbangun dengan rasa lapar juga bisa menyebabkan mual karena kadar gula darah Anda rendah. Itulah kenapa, jangan pernah lewatkan sarapan pagi supaya tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Asam Lambung Naik

Telat makan menyebabkan asam lambung naikhingga mencapai kerongkongan. Jika Anda tidak segera mengisi perut dengan makanan, asam lambung yang naik akan terus melukai lapisan tenggorokan dan memicu mual.

4. Cemas

Luapan emosi seperti stres, gugup, atau kecemasan mengakibatkan kadar asam dan enzim dalam perut menjadi kacau. Otot perut Anda akan berkontraksi secara berlebihan dan memicu rasa mual atau bahkan sampai muntah.

Nah, mual saat pagi bukan hanya berkaitan dengan kehamilan. Jika Anda tidak ingin terus-terusan mual di pagi hari, sebaiknya hindari empat hal di atas. Buatlah diri Anda senyaman mungkin sebelum tidur agar keesokan harinya tubuh lebih bugar. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration