Minggu, 17 Februari 2019
Kesehatan

Tips Mudah Mencegah Tifus saat Musim Hujan

Tips Mudah Mencegah Tifus saat Musim Hujan Ilustrasi - Tips Mencegah tipes pada anak (Foto: seruni)
Jum'at, 08 Februari 2019 - 06:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tipes atau tifus atau juga demam tifoid adalah salah satu penyakit yang sering diderita orang Indonesia, baik dewasa maupun anak-anak. Tipes bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Saat musim hujan, banyak yang terkena tipes. Bagaimana cara kita mencegah tipes?

Menghindari sekaligus mencegah datangnya penyakit adalah langkah yang wajib dilakukan oleh siapa saja. Hal ini juga berlaku terhadap tifus. Berikut beberapa pencegahan penyakit tipes yang bisa Anda lakukan.

1. Rajin Cuci Tangan

Mencegah penyakit tipes bisa dilakukan dengan mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, serta setelah buang air di toilet. Gunakan air bersih yang mengalir dan sabun saat mencuci tangan.

2. Perhatikan Kebersihan Makanan

Hindari mengonsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya. Misalnya makanan di pinggir jalan yang lebih rentan terpapar bakteri. Pastikan juga makanan dan minuman yang akan dikonsumsi sudah dimasak matang. Jika ingin makan buah pastikan juga untuk mencucinya hingga bersih sebelum dikonsumsi.

3. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan juga penting dilakukan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, Anda dapat menurunkan risiko penularan tipes. 

Musim hujan yang sedang berlangsung saat ini memang rentan membawa beragam penyakit, termasuk tipes. Jika Anda terserang penyakit ini, organ pencernaan Anda khususnya usus akan mengalami infeksi. Lakukan hal di atas untuk mencegah tipes. Untuk menghindari kondisi yang lebih berat, Anda disarankan untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration