Peristiwa Nasional

Jepang Go Society 5.0, Indeks Rekomendasi Indonesia Siap Sambut Masyarakat 5.0                                                                                            

Kamis, 07 Februari 2019 - 11:37 | 360.60k
ILUSTRASI: Masyarakat 5.0. (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Masyarakat 5.0. (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Jepang telah siap-siap menerapkan Society 5.0 atau Masyarakat 5.0.  Di Indonesia, beragam konsep pun muncul untuk menyambutnya. Ada yang masih wacana, ada yang sudah riil. Yang riil seperti konsep iGuides yang mengusung Indeks Rekomendasi Indonesia.

Pemred TIMES Indonesia, Yatimul Ainun, mengungkapkan, ciri paling utama dalam konsep Society 5.0 di Jepang adalah resources mereka. Di mana di Jepang bukan lagi nature (alam), tetapi data.

“Data memainkan peranan penting dalam kehidupan society 5.0. Ini tentu ada benarnya jika kita melihat bagaimana startup teknologi memiliki nilai tinggi karena data yang berhasil mereka kumpulkan dari penggunanya,’’ ujarnya.

Selain data, ciri mereka adalah rekam jejak positif. “Pengguna teknologi secara umum memiliki visi positif. Mereka inilah yang mewarnai dunia. Makanya, CEO TIMES Indonesia Khoirul Anwar menyebut peradaban ini sebagai Masyarakat Positif 5.0,’’ ungkap Ainun.

Di Jepang, sambung dia, penerapan dari Society 5.0 telah pelan-pelan dimulai. Misalnya, drone telah menggantikan teknologi pengantaran logistik. Lewat drone inilai logistik di sana akan didistribusikan. Karenanya drone memegang peranan penting dalam membantu di daerah bencana di seluruh dunia.

Contoh lain. Di rumah tangga, teknologi AI (artificial intelligence) banyak digunakan. Teknologi ini pulalah yang banyak membantu menyiapkan makanan-makanan sehat di rumah tangga.

“Sosiologi masyarakat Jepang punya problem penduduk yang mayoritas lansia. Mereka inilah yang memanfaatkan teknologi AI dan big data di bidang kesehatan. Mereka memanfaatkan teknologi untuk telemedicen, perawat robot dan juga memonitor kesehatan pasien,’’ jelas koordinator AMSI Jawa Bali Nusa ini.

Di Indonesia, sambung dia, big data ini mulai dikembangkan. Banyak sekali platform yang menggunakan big data ini. Sehingga bisa dikatakan bahwa Indonesia telah mulai pula menjadi Society 5.0 atau Masyarakat 5.0 ini. Karenanya iGuides sebagai Indeks Rekomendasi Indonesia ini berdiri sebagai pemandunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES