Kamis, 19 September 2019
Peristiwa - Daerah

Lutung Jawa yang Tertangkap di Probolinggo Diserahkan ke BKSDA

Lutung Jawa yang Tertangkap di Probolinggo Diserahkan ke BKSDA Penyerahan lutung jawa ke BKSDA Probolinggo. (FOTO: Istimewa for TIMES Indonesia)
Rabu, 06 Februari 2019 - 19:44

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOSatwa langka berupa Lutung Jawa atau Trachypithecus Auratus, yang tertangkap warga di Kampus Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH) Kraksaan Kabupaten Probolinggo, akhirnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Hal itu dilakukan untuk melindungi satwa yang tergolong langka tersebut. Untuk kemudian dilepas-liarkan ke habitat asalnya.

Penyerahan dilakukan oleh dua anggota 5:am_wildlifephotography, selaku suporter PROFAUNA Indonesia, yakni Nur Ahmad dan Hendra Trisianto.

Keduanya langsung menyerahkan lutung jawa yang sebelumnya tertangkap, ke kantor BKSDA wilayah VI Probolinggo di Jalan Mastrip. Primata tersebut kemudian diterima oleh Kasi Konservasi Wilayah VI Probolinggo Mamat Ruhimat.

Kepada TIMES Indonesia, Nur Ahmad mengatakan, penyerahan sebagai upaya untuk menyelamatkan primata endemik pulau Jawa itu. Sebab, kondisinya rentan mengalami stress.

"Kondisi pertama saat kita lihat memang memprihatinkan. Pengaman yang dilakukan warga memang kurang memperhatikan aspek kenyamanan. Ini sudah mulai mau makan, sudah merasakan nangis," katanya, Rabu (6/2/2019).

Tindakan selanjutnya, pihak BKSDA akan mengirimkan lutung jawa tersebut ke Malang. Tepatnya ke Javan Langus Center, di Batu. Di penangkarang tersebut, lutung jawa ini akan di observasi lebih lanjut.

Sebab perilakunya, sudah jinak. Tidak seperti satwa liar di alam bebas. “Disini kami juga tidak mempunyai lokasi karantina khusus, untuk binatang yang diserahkan warga. Di Batu, lutung ini akan dikarantina sampai bisa mandiri,” jelas Kasi Konservasi Wilayah VI Probolinggo, Mamat Ruhimat.

Setelah bisa mandiri, Lutung Jawa berjenis kelamin betina itu, akan dilepas-liarkan di kawasan hutan lindung milik Perhutani di Bale Kambang, Malang.

"Jadi terhadap satwa ini, perlu dipelajari terlebih dahulu prilakunya seperti apa, karena ini sudah jinak. Sehingga saat dilepas-liarkan dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya," tandas Mamat.

Sebelumnya, seekor Lutung Jawa diamankan oleh keamanan INZAH yang berlokasi di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan. Lutung itu ditangkap karena membuat panik para mahasiswi yang hendak belajar. Selanjutnya, hewan langka ini berpindah tangan ke anggota 5:am_wildlifephotography, selaku suporter PROFAUNA Indonesia. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration