Minggu, 17 Februari 2019
Peristiwa - Daerah

Pemkab Bondowoso Peroleh Penghargaan SAKIP Predikat BB

Pemkab Bondowoso Peroleh Penghargaan SAKIP Predikat BB Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat menerima penghargaan SAKIP dengan predikat BB dari Men PAN RB di Hotel Golden Tulip Banjarmasin (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)
Rabu, 06 Februari 2019 - 16:34

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, memeproleh penghargaan di bidang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB. Pememberian penghargaan tersebut, berlangsung di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (6/2/2019). 

Penghargaan itu, diserahkan langsung oleh Kementerian Pendayaangunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Rirokrasi (Men PAN-RB), dan dihadiri juga oleh Sekjen Dep Kemendagri.

Hadir untuk mengambil penghargaan tersebut, Bupati Salwa Arifin dan Wabup Irwan Bachtiar Rahmat, didampingi oleh Tim SAKIP yakni Asisten III, Inspektur, Kabag Organisasi serta Kominfo.

Pemkab-Bondowoso-menerima-penghargaan-SAKIP-a.jpg

Wabup Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa Pemkab Bondowoso telah memperoleh penghargaan SAKIP predikat BB, nilainya 70 sampai 80.

“Kita prediktanya BB. Itu merupakan kerja tim, dari teman-teman yang ada di Pemerintah Kabupaten Bondowoso,” katanya saat dihubungi via handphone.

Ia juga menjelaskan, bahwa dampak SAKIP, kalau diterapakan betul, akan terjadi suatu efisiensi terhadap APBD, karena APBD sesuai dengan tujuan, yaitu berbasis kebutuhan.

Dengan adanya efisiensi, kata dia, uang itu bisa dialokasikan ke beberapa hal yang bersifat ekonomi kemasyarakatan. Misalnya, bidang pendidikan dan sebagainya.

“Penghargaan SAKIP predikat BB ini, merupakan reward yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten Bondowoso, dan ini untuk seluruh masyarakat Bondowoso,” jelasnya.

Sementara penghargaan SAKIP itu, jelas dia, yang dinilai kinerjanya.  Apakah anggaran yang dialokasikan itu berdampak, dan mempunyai hasil kepada masyarakat. Bukan hanya sebatas ada anggaran, dikeluarkan tapi tidak berdampak.  

“SAKIP ini dimaksudkan oleh pemerintah pusat, supaya anggaran di semua daerah itu  berdampak dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Diharpakannya, penghargaan di bidang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso ini dapat dipertahankan. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration