Gawainesia

BlueBerry Guitar Maha Karya Anak Bangsa

BlueBerry Guitar Maha Karya Anak Bangsa pengerajin gitar di Bali, I Wayan Tuges. (FOTO: Istimewa)
Selasa, 05 Februari 2019 - 16:18

TIMESINDONESIA, DENPASARBlueBerry Guitar adalah salah satu maha karya anak bangsa dari tangan pengerajin gitar di Bali, I Wayan Tuges. Gitar karya Wayan Tuges ini telah mendunia dan banyak digunakan para musisi Indonesia dan manca negara.

Sederet musisi manca negara menggunakan karya gitar ukir Wayan Tuges ini, diantaranya Paul Deslaurier, Golden Earing Band, dan George Kooymanns. Sedangkan untuk musisi Indonesia  yang menggunakan gitar ini diantaranya Iwan Fals dan Dewa Bujana.

Bluberry-Guitar.jpg

Bahkan Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono juga sempat memesan khusus seniman asli Desa Guang, Kabupaten Gianyar, Bali.

Setiap gitar Wayan Tuges memang dipenuhi dengan ukiran yang berbeda antar satu dengan lainnya. Dalam ukiran gitarnya, Wayan Tuges memasukkan pesona alam Indonesia, khususnya simbol-simbol khas bali seperti burung Jalak Bali.

BlueBerry Guitar ini juga menjadi ikon kebudayaan Indonesia yang tak lekang dihempas kemajuan teknologi. Wayan Tuges juga berkolaborasi dengan Doddy Hernanto atau Mr D untuk menambahkan sentuhan teknologi.

Bluberry-Guitar-2.jpg

Kolaborasi Wayan Tuges dan Mr D ini menghasilkan karya baru yaitu BlueBerry Gitar Gawai yang disingkat BlueBerry G2. Keistimewaan lain dari gitar ini juga terlihat pada lehernya (head neck) yang dilengkapi tronical tune robotik untuk stem gitar. Seperti gitar karya Mr D terdahulu, Blueberry G2 tersambung dengan gawai iphone berikut app store.

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bali

Komentar

Registration