Tekno

Yakin Mata Anda Sehat? Deteksi Pakai Aplikasi Android Ini

Rabu, 06 Februari 2019 - 01:31 | 251.67k
Ilustrasi- Pentingnya deteksi kesehatan mata sejak dini (Foto: blackxperience.com)
Ilustrasi- Pentingnya deteksi kesehatan mata sejak dini (Foto: blackxperience.com)

TIMESINDONESIA, MALANG – Saat ini kita bisa mendeteksi dini kesehatan mata dengan menggunakan aplikasi Android. Kemajuan teknologi membuat semua menjadi cepat dan mudah. Termasuk, deteksi mata bisa dilakukan sendiri di rumah.

Mata termasuk salahsatu organ terpenting panca indra. Beberapa aktivitas sehari-hari, seperti menggunakan gawai, menatap layar monitor, menonton televisi, dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Namun, tak jarang kita menyepelekan untuk menjaga kesehatan mata. Baru menyesal ketika mata telah mengalami gangguan. Maka dari itu, penting untuk sejak dini melakukan tes kesehatan mata.

Berikut beberapa aplikasi pendeteksi dini kesehatan mata yang telah dirangkum TIMES Indonesia dari berbagai sumber

1. Eye test
Aplikasi ini berisi enam tipe tes mata yang bisa dicoba, yakni tes untuk penderita degenerasi makula, tes buta warna, tes 4 amsler grid (kerusakan retina), tes ketajaman visual, survei glukoma, dan tes tertulis tentang pengetahuan pengguna mata.

2. Eye Exercise – Eye Care Plus
Aplikasi ini memiliki fitur pelatihan visi dan mata harian dalam satu paket aplikasi tes mata. Dibuat berdasarkan teknik yang paling terbukti dalam oftalmologi (studi penyakit mata) dan memanfaatkan algoritma pelatihan otak. Dari sini kita dapat mengetahui apakah mata dalam kondisi minus atau normal.

3. Eye Test–Eye Exam
Aplikasi ini akan membantu kita untuk mengetahui apakah terdapat gangguan atau tidak pada mata. Aplikasi tes mata ini sangat mudah digunakan untuk melacak penglihatan dan memastikan bahwa kita mendapat perawatan yang sesuai untuk mata.

4. Kuku Kube
Penggunaan aplikasi ini cukup mudah untuk mendeteksi kesehatan mata. Kita cukup memilih satu kotak yang warnanya berbeda dari kotak lain. Jika kita berhasil memilih warna yang berbeda, rangkaian kotak tersebut akan terus bertambah, hingga akhirnya warna di semua kotak sekilas terlihat sama. Pada tingkat ini mata benar-benar diuji untuk kejelihannya. 

Setelah berhasil menebak warna di kotak tersebut, nantinya akan ada penilaian yang menunjukkan mata normal, mata lemah, atau mata burung.

Semua aplikasi Android ini bisa diunduh gratis melalui Google Play Store. Namun ini adalah deteksi dini, selanjutnya kita tetap harus ke dokter jika merasa ada gangguan pada mata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES