Kuliner

Manfaatkan Harga Buah Naga Murah, Dua Pemudi Kreasikan Cilok Buah Naga

Selasa, 05 Februari 2019 - 10:11 | 269.29k
Kreativitas Dua Pemudi Asal Banyuwangi Membuat Cilok Berbahan dasar Buah Naga (Foto: Roghib/TIMES Indonesia)
Kreativitas Dua Pemudi Asal Banyuwangi Membuat Cilok Berbahan dasar Buah Naga (Foto: Roghib/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Harga buah naga yang turun drastis mencapai Rp. 1.000 /Kilogram membuat banyak petani ogah memanen bahkan ada yang membuang hasil panennya. Melihat kondisi ini, dua pemudi asal Banyuwangi yaitu Normawati (23) dan Nurhani Fuji (22) membuat makanan cilok berbahan dasar buah naga. Selain warnanya cantik merah menyala, cilok buah naga juga berkhasiat bagus untuk tubuh, karena berbahan dasar buah alami.

Nurhani Fuji adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Sastra Jepang asal Universitas Brawijaya, dan Normawati baru lulus S1 Teknik Sipil asal Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.

Kreasi-Buah-Naga-b.jpg

Berbekal kesukaan makan cilok, dua pemudi asal Dusun Krajan, Desa Kedayunan, Kecamatan Kabat ini memulai bisnis kreasi cilok buah naga dengan nama Jajanisun. Mereka mulai membuat olahan jajajan populer ini  akhir Januari lalu.

Cilok sendiri adalah makanan khas sunda berbahan aci/tepung kanji dengan di colok atau di tusuk bambu, oleh karenanya nama makanan ini Cilok (Aci dicolok).

"Awal mula terbentuknya ide ini sih, karena kita berdua memang suka cilok, dan juga kita prihatin dengan kondisi harga buah naga saat ini murah sekali. Nah sekita itu kita ingin buat cilok dari buah naga, karena belum banyak yang membuatnya," kata Normawati, Selasa, (05/02/2019).

Harga yang ditawarkan Cilok Buah naga ini hanya Rp. 5.000/porsi, dengan bumbu kacang kental khas Jajanisun. Porsinya cukup banyak dan dapat mengenyangkan. Rasa yang manis dan gurih membuat banyak yang membeli produk cilok yang sering disebut cilok "Aiyyok" ini.

Selain menjual Cilok Buah Naga, varian makanan yang diproduksi dari Jajanisun ini cukup beragam, seperti Cilok Wortel, Cilok Bayam, dan Stik Cokelat "Chocolasik". Mereka berdua menjual cilok dengan berbagai tipe, ada yang digoreng, bumbu kacang dan kuah.

Aneka cilok temasuk cilok buah naga mereka jual dalam berbentuk frozen dan mereka menjual produknya melalui sosial media seperti whatsAap dan instagram @jajanisun15. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES