Kesehatan

Inilah Tanaman Obat yang Wajib Ditanam di Rumah Anda

Inilah Tanaman Obat yang Wajib Ditanam di Rumah Anda Tanaman Toga yang siap diolah menjadi obat herbal yang bisa dikonsumsi. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Rabu, 30 Januari 2019 - 13:25

TIMESINDONESIA, BATU – Ingin keluarga Anda mandiri dalam pengobatan herbal. Inilah jenis tanaman obat  keluarga (Toga) yang wajib Anda tanam di pekarangan rumah.

Biasanya penyakit yang sering dialami keluarga kita adalah flu, batuk dan pilek. Atau kadang juga anak-anak ketika bermain mendadak jatuh hingga kakinya berdarah.

Jika itu terjadi Anda tidak usah bingung, karena dirumah sudah ada beberapa tanaman obat yang bisa digunakan.

“Ada beberapa tanaman obat yang wajib kita tanam, kalau batuk, kita harus konsumsi Daun Jarong atau Pecut Kuda serta Adas,” ujar Kasi Pelayanan Laboratorium Herbal, UPT Materia Medica, Fitria Rahmawati S.Farm Apt.

obat-herbal.jpg

Kalau kita terserang pilek, kata Fitria, yang harus dilakukan adalah meningkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi Meniran dan echinacea.

Jika ada anak berdarah karena terjatuh, setelah lukanya dibersihkan kita bisa bubuhkan daun Babadotan, Ki Urat dan Antanan.

Ditambah empon-empon sekumpulan akar tanaman rempah yang penting seperti jahe, kunyit, lengkuas, temu lawak, dan beberapa lainnya

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration