Peristiwa Daerah

Masjid Agung Belopa Luwu Terbakar, Polisi Masih Mendalami Penyebabnya

Selasa, 29 Januari 2019 - 16:12 | 202.51k
Kubah Masjid Agung Belopa Luwu Terbakar. (FOTO: Suara.com)
Kubah Masjid Agung Belopa Luwu Terbakar. (FOTO: Suara.com)

TIMESINDONESIA, LUWU – Kebakaran hebat terjadi di Kubah Masjid Agung Belopa di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Selasa (29/01/2019). Terlihat gepulan asap menyelimuti salah satu kubah dari Masjid tersebut.

Salah seorang warga, Munir mengungkapkan api itu tiba-tiba muncul di atas kubah Masjid. Api membakar Masjid Agung Luwu Belopa membuat panik warga sekitar dan PNS yang berada disekitar lokasi kebakaran.

Samsir, Komisioner KPU Luwu, salah satu saksi mata mengatakan kubah masjid terbakar sekitar pukul 10.54 WITA. “Waktu saya keluar kantor, melihat api sudah mulai besar di Kubah Masjid itu sekitar pukul 10.54 WITA,” kata Samsir yang kantornya hanya berjarak 200 meter dari lokasi kebakaran.

Sedikitnya lima unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Luwu yang dikerahkan. Namun, petugas terlihat kewalahan memadamkan kobaran api dikarenakan angin yang bertiup cukup kencang.

Selain itu, titik api yang terlalu tinggi hingga tidak terjangkau oleh semprotan air mobil damkar. Baru sekitar beberapa menit kejadian, mobil water canon milik Polres Luwu berhasil menyentuh mata api.

Dugaan sementara, api bersumber dari percikan las pekerja yang kemudian membesar dan membakar Kubah Masjid. Diketahui saat ini sedang dilakukan pengerjaan plafon Masjid.

Setelah api padam, polisi mulai menyelidiki penyebab api membakar Masjid Raya ini. Menurut Kapolsek Belopa, AKP Ahmad Arif, pihaknya belum mengetahui sumber api yang memicu kebakaran.

“Masih diselidiki. Kami masih mengumpulkan keterangan atas saksi yang melihat kejadian ini, termasuk olah TKP,” ujar Ahmad Arif.

AKBP Dwi Santoso, Kapolres Luwu juga mengatakan masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran di Masjid Agung Belopa Luwu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES