Senin, 22 April 2019
Peristiwa

Uji Kandungan Lapisan Sumur, KKKS EML Lakukan Edukasi Publik

Uji Kandungan Lapisan Sumur, KKKS EML Lakukan Edukasi Publik Salah satu media edukasi luar ruangan yang di pasang di sepanjang jalan di desa Tanjung, Saronggih, Sumenep. (FOTO: Ach. Qusyairi Nurullah/Times Indonesia)
Selasa, 29 Januari 2019 - 09:06

TIMESINDONESIA, SUMENEPKKS EML (Kontraktor Kontrak Kerjasama PT Energi Mineral Langgeng) melanjutkan kegiatan edukasi publik terkait tahapan eksplorasi migas. Kali ini, materi yang disampaikan terkait dengan tahap uji kandungan lapisan sumur eksplorasi ENC-02 di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

"Sebelumnya, materi tersebut kami sampaikan dalam bentuk media luar ruang, yang dipasang di beberapa titik. Selain itu, juga dalam bentuk brosur ukuran A3, dan softcopy-nya disebarkan melalui jejaring media sosial," ungkap Public Relation Coordinator EML Nur Hidayat, Senin (29/1/2019).

Hidayat menambahkan, langkah ini merupakan bagian dari sosialisasi dan upaya mencegah beredarnya hoax. "Tahap uji kandungan lapisan atau drill stem testing (DST) memang bagian dari program pengeboran, berbeda dengan pembakaran gas pada 21 November 2018 lalu," tegasnya.

Drilling Supervisor PT EML Firman Effendy menuturkan, DST adalah metode untuk mendapatkan berbagai properti dari reservoir secara dinamis dan hasilnya lebih akurat. "Tujuannya untuk memastikan apakah sumur migas akan mengalir dan berproduksi," kata Firman.

Data yang diperoleh dari tahap DST, diperlukan untuk mengetahui berapa kandungan hidrokarbon di dalam reservoir dan kualitasnya, dari situ dapat diperkirakan berapa lama reservoir akan berproduksi pada sumur gas EML di Tanjung Sumenep. (*)

Jurnalis : Ach Qusyairi Nurullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Madura

Komentar

Loading...
Registration