Pendidikan

Polbangtan Malang Latih Mahasiswa Tangani Benih Kedelai

Kamis, 24 Januari 2019 - 16:22 | 51.43k
Mahasiswa Polbangtan Malang tengah melakukan praktikum penanganan benih kedelai di Laboratorium Produksi Tanaman, Kamis (24/1/2019). (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Polbangtan Malang tengah melakukan praktikum penanganan benih kedelai di Laboratorium Produksi Tanaman, Kamis (24/1/2019). (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Terlihat aktivitas di Laboratorium Produksi Tanaman di kampus 1 Polbangtan Malang, Kamis (24/1/2019). Sejumlah mahasiswa program studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan sedang melakukan praktik penanganan benih kedelai.

Mereka, mahasiswa semester 3 ini, belajar tentang proses penanganan benih kedelai. Dalam hal ini perlakuan benih dengan pengemasan dan cara penyimpanan.

Tujuan penyimpanan benih, menurut Rika Despita, dosen pembimbing praktik, adalah mempertahankan viabilitas benih selama periode simpan yang lama.

"Ketika akan dikecambahkan benih masih mempunyai viabilitas yang tidak jauh berbeda dengan viabilitas awal sebelum benih disimpan," lanjutnya.

Di samping itu, kata dia, penyimpanan benih bertujuan menjaga biji agar tetap dalam keadaan baik (daya kecambah tetap tinggi) dan melindungi biji dari serangan hama dan jamur.

Rika Despita melanjutkan, kedelai yang diproses ini adalah hasil panen dari pratikum mahasiswa. mereka  melakukan produksi benih yang diawasi oleh Balai Pengawas dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Timur.

Perlu diketahui, Polbangtan Malang sudah menjadi penangkar benih tanaman pangan dengan nama penangkar PB. PP. Berkelanjutan.

Rika menambahkan, melalui pratikum penanganan benih kedelai, mahasiswa Polbangtan Malang berlatih menjadi seorang penangkar benih. "Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan kompeten sebagai produsen benih tanaman," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES