Peristiwa Daerah

Awal 2019, Kecamatan Waru Sidoarjo Targetkan Zero Growth Pencetakan KTP

Kamis, 24 Januari 2019 - 13:51 | 346.78k
Camat Waru, Fredik Suharto (kanan) dan Rudi Setiawan, Sekcam Waru ( dua dari kiri) saat mengisi Bimbingan Teknis dihadapan seluruh Kasi Pelayanan se Kecamatan Waru Kabupaten Sidorjo. (FOTO: Rudi Mulya/TIMES Indonesia)
Camat Waru, Fredik Suharto (kanan) dan Rudi Setiawan, Sekcam Waru ( dua dari kiri) saat mengisi Bimbingan Teknis dihadapan seluruh Kasi Pelayanan se Kecamatan Waru Kabupaten Sidorjo. (FOTO: Rudi Mulya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Di awal tahun 2019 ini, Kantor Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, memprogramkan update data kependudukan di masing-masing desa, serta perbaikan sistem pendistribusian KTP. Awal tahun 2019 juga, khusus di Kecamatan Waru, ditargetkan zero growth pencetakan KTP.

Hal itu diungkapkan Rudi Setiawan, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Waru, saat memberikan materi dalam kegiatan Bimbingan Teknis dihadapan seluruh Kasi Pelayanan se Kecamatan Waru Kabupaten Sidorjo.

"Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ini Rutin diadakan setiap dua minggu di Kantor Kecamatan Waru. Dan dihadiri seluruh Kasi Pelayanan dari 17 Desa yang ada di Kecamatan Waru," kata Rudi saat mendampingi Camat Waru Fredik Suharto, Kamis (24/1/2019).

Rudi mengungkapkan jika update atau pembaruan data kependudukan akan dilaksanakan melalui program pendataan profil desa, seperti yang sudah diinstruksikan oleh Camat Waru, agar masing-masing desa menganggarkan program ini di tahun 2019. 

“Pembaharuan data kependudukan penting dilakukan dengan tujuan memudahkan Kasi atau Kaur di Pemerintahan Desa (Pemdes) masing-masing dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap pria yang baru menjabat Sekcam Waru yang baru menjabat mulai awal Januari 2019 itu.

Rudi menambahkan, jika program pendataan profil desa ini nantinya diharapkan akan mendukung dan melengkapi keberadaan Program Sistem Informasi Desa (SID), yaitu program inisiatif Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang selama ini belum bisa dimanfaatkan secara maksimal karena data kependudukannya belum bisa di-update.

"Jika program ini berhasil, nantinya pelayanan dalam bentuk administratif kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara tersistem dan tidak lagi menggunakan cara manual karena data seluruh warga sudah masuk dalam sistem SID," imbuhnya

Keberhasilan program ini, papar Rudi nantinya juga merupakan salah satu bukti bahwa kinerja seluruh desa dibawah koordinasi Kecamatan Waru terus melakukan pembenahan sesuai dengan tuntutan kemajuan dan perkembangan teknologi.

Selain membahas rencana Pendataan Profil Desa, kami juga mengharapkan masukan dari seluruh Kasi Pelayanan di Kecamatan Waru terkait permasalahan berkaitan dengan pencetakan dan pendistribusian KTP. 

"Dengan masukan ini nantinya dapat disepakati sistem terbaik untuk mengatasinya sehingga nantinya kecamatan Waru bisa mencapai zero growth dalam hal pengurusan KTP," katanya.

Pihaknya berharap ada saran solutif dari masing-masing desa, karena perangkat dari desa yang langsung berhubungan dan mendengar saran dan keinginan masyarakat. "Kalau saya bikin pilot project salah satu desa saja, saya khawatir desa yang lain akan cemburu," harap Rudi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Sidoarjo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES