Gaya Hidup

Wah, Kafein pada Kopi Bisa Mengatasi Gangguan Kesehatan Kulit Ini

Kamis, 24 Januari 2019 - 02:15 | 97.71k
ILUSTRASI: Kopi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Kopi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kafein tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi rasa kantuk. Sebuah penelitian membuktikan adanya manfaat kafein untuk mengurangi risiko penyakit rosacea, yaitu jenis penyakit peradangan di kulit yang menyebabkan kemerahan, benjolan hingga iritasi. Bagaimana bisa kafein pada kopi bisa mengurangi risiko gangguan kesehatan kulit tersebut?

Dilansir dari Hello Sehat, penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Dermatology menemukan bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi setiap hari lebih terhindar dari penyakit rosacea.

Dr. Rajani Katta, seorang spesialis penyakit kulit di Amerika Serikat menyatakan bahwa sebelumnya minuman panas diduga sebagai pemicu rosacea. Namun, setelah dilakukan penelitian lebih lanjut didapatkan bukti bahwa kopi, meskipun panas, justru bisa mengurangi risiko gejala rosacea.

Penelitian dilakukan pada 82.737 wanita untuk mengetahui efek kafein pada kopi terhadap penyakit rosacea. Para wanita ini diwawancarai mengenai berbagai masalah kesehatan yang dimilikinya serta seberapa sering mereka minum kopi, teh, soda, dan cokelat.

Ternyata, hasil penelitian menunjukkan semakin banyak kopi yang diminum, maka semakin kecil kemungkinannnya untuk terkena rosacea. Akan tetapi, hal ini tak berlaku untuk teh, soda, dan cokelat meski ketiganya sama-sama mengandung kafein.

Penelitian menemukan fakta bahwa polifenol di dalam kopi berkafeinlah yang menjadi salah satu zat yang berperan dalam hal ini. Sebagai antioksidan, polifenol bertugas sebagai antiradang yang bisa membantu menangkal peradangan kulit akibat rosacea.

Selain itu, kafein di dalam kopi juga bertindak sebagai vasokonstriktor yang bermanfaat untuk mengurangi aliran darah ke permukaan kulit. Kadar kafein yang tinggi di dalam kopi bisa menyempitkan pembuluh darah di wajah. Tak hanya itu, kafein di dalam kopi juga bisa membantu menyeimbangkan kadar hormon yang berkaitan dengan rosacea. Beberapa hormon tersebut di antaranya adrenalin, noradrenalin, dan kortisol.

Meski manfaat kafein untuk kesehatan kulit, khususnya mengurangi risiko rosacea telah terbukti, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter sebelum mempraktikannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES