Peristiwa - Nasional

Ahmad Basarah: Indonesia Negara Nasionalis Religius Berideologi Pancasila

Ahmad Basarah: Indonesia Negara Nasionalis Religius Berideologi Pancasila Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Rabu, 23 Januari 2019 - 23:03

FOKUS BERITA

Rumah Kebangsaan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia merupakan negara nasionalis religius berdasar ideologi Pancasila. Penegasan tersebut disampaikan Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah dalam sosialisasi empat pilar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Basarah, negara nasionalis religius merupakan negara nasionalis yang berketuhanan. Negara nasionalis religius bukan negara agama, juga bukan negara sekuler. 

Negara nasionalis religius merupakan negara yang dijiwai oleh nilai-nilai ketuhanan (agama). "Negara bangsa bagi semua agama," kata Basarah, dikutip dari antaranews.com.

Basarah mengatakan, agama tidak dapat diabaikan, namun demikian, negara tidak diatur berdasarkan agama. 

Dia mengatakan bahwa ideologi negara adalah Pancasila. Menurutnya, ideologi Pancasila lebih baik daripada komunisme. 

Pancasila lebih baik dari liberalisme dan kapitalisme. Pancasila tidak membiarkan mekanisme pasar bebas yang membiarkan orang kuat mengeksploitasi yang lemah.

Pancasila juga lebih baik dari ideologi khilafah islamiyah yang tidak mengakui batas-batas negara dan kedaulatan bangsa. 

"Pancasila mengakui kedaulatan bangsa melalui sila persatuan Indonesia," kata Ahmad Basarah, legislator asal PDI Perjuangan dari Dapil Malang Raya ini. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration