Ekonomi

Ini yang akan Ditingkatkan Pemkab Bondowoso dalam Mewujudkan Kemandirian Ekonomi

Rabu, 23 Januari 2019 - 21:25 | 27.32k
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat memberikan tanggapan atas pandangan umum fraksi dalam rapat paripurna di DPRD setempat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat memberikan tanggapan atas pandangan umum fraksi dalam rapat paripurna di DPRD setempat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Salah satu misi Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin dan wakilnya Irwan Bachtiar Rahmat adalah mewujudkan kemandirian ekonomi. Tentu dengan meningkatkan sektor-sektor unggulan, dan menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Bupati Salwa menjelaskan, bahwa untuk mewujudkan hal tersebut. Yaitu dengan maemaksimalkan sektor pertanian, sektor industri pengolahan, perdagangan, serta sektor pariwisata.

“Pengembangan investasi, pengembangan usaha mikro, serta pengembangan infrastruktur penunjang ekonomi,” sambung bupati, saat memberikan tanggapan atas pandangan umum fraksi, dalam Rapat Paripurna di DPRD, Rabu (23/1/2019).

Hal itu, kata dia, dalam rangka untuk mengurangi kesenjangan. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperluas kesempatan kerja dan penanggulangan kemiskinan.

Sementara diberitakan sebelumnya, PDRB (produk logistik regional bruto), atau jumlah nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari seluruh kegiatan ekonomi di Kabupaten Bondowoso, masih didominasi sektor pertanian.

Data yang diperoleh TIMES Indonesia, dari 17 PDRB yang ada di Bondowoso, sektor pertanian menyumbang 33 persen, industri pengolahan 22 persen, perdagangan 14 persen, konstruksi 9 persen, dan selebihnya sektor-sektor lain.

Dengan upaya untuk meningkatkan sektor tersebut, diharapkan kemandirian ekonomi di Kabupaten Bondowoso bisa dicapai. Tentu juga dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES