Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Ratusan Anggota Kodim 0824 Jember Jalani Latihan Minggu Militer

Rabu, 23 Januari 2019 - 15:22 | 77.87k
Pelaksanaan Minggu Militer Kodim 0824 Jember di Lapangan dan Balai Desa Wirolegi (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Pelaksanaan Minggu Militer Kodim 0824 Jember di Lapangan dan Balai Desa Wirolegi (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, JEMBERMinggu Militer adalah salah satu latihan pemeliharaan fisik dan kemampuan prajurit TNI, termasuk prajurit Komando Kewilayahan Kodim 0824 Jember.

Latihan tersebut merupakan program tetap (Protap) yang harus diselenggarakan pada setiap minggu keempat setiap bulannya dengan materi-materi sesuai ketentuan dari Komando Atas (Korem/Kodam).

Minggu-Militer-2.jpg

Sejak Senin (21/1/2019) sampai dengan Jum’at (25/1/2019) Kodim 0824 Jember menyelenggarakan Latihan Minggu Militer tersebut yang dibagi menjadi 2 gelombang.

Gelombang I dilaksanakan pada Senin - Rabu bertempat di lapangan Balai Kelurahan Wirolegi Kecamatan Sumbersari, Jember.

Gelombang II dilaksanakan  pada Kamis – Jum’at di Lapangan Bangsalsari, Kecamatan Bangsalsari, Jember dengan peserta masing-masing setengah kekuatan personel Koramil jajaran Kodim 0824 Jember.

Dari pantauan media ini pada Rabu (23/1/2019) di lapangan Balai Kelurahan Wirolegi, latihan ini dihadiri oleh 250 personel Koramil jajaran Kodim 0824 Jember. Mereka diberikan materi di antaranya Peraturan Militer Dasar (Permildas), Pengetahuan Senjata, Pembinaan Jasmani Militer (Binjasmil), dan Komunikasi Sosial (Komsos).

Bertindak sebagai Pimpinan Umum Latihan adalah Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, Komandan Latihan adalah Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno. Sementara, pengawas dan pemateri terdiri dari para komandan Koramil jajaran Kodim 0824 Jember.

Pada Latihan Minggu Militer Januari ini sengaja dilaksanakan di wilayah Koramil 0824/11 Sumbersari dan wilayah Koramil 0824/15 Bangsalsari. Pada bulan berikutnya tentu saja dilaksanakan di wilayah Koramil lainnya bergiliran.

Terkait kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0824 Jember menyampaikan bahwa kemampuan-kemampuan dasar seperti itu memang sudah didapat sejak awal menjadi prajurit TNI. 

Namun, program Latihan Minggu Militer tetap harus dilakukan dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan guna mewujudkan profesionalisme prajurit, termasuk prajurit Kodim 0824 Jember. "Untuk itu sering dikatakan bahwa latihan adalah bagian dari kesejahteraan karena latihan-latihan tersebut merupakan upaya pemeliharaan dan peningkatan kemampuan prajurit yang akan memudahkan dan mendukung tugas pokoknya di lapangan," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES